Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Mengenal Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran

Penjualan dan Pemasaran pada dasarnya merupakan dua hal yang mutlak ada dalam dunia bisnis. Bahkan dua hal ini pun memiliki hubungan dan keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Walaupun terdengar lumrah dan cenderung berhimpitan, namun penjualan dan pemasaran memiliki konsepnya sendiri. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk luangkan waktu untuk memahaminya melalui penjelasan berikut ini.

Konsep Penjualan dan Indikatornya

Konsep penjualan merupakan suatu manajemen usaha yang beranggapan bahwa konsumen akan membeli atau tidak membeli produk yang ditawarkan. Keputusan untuk membeli tersebut juga didasarkan atas minat terhadap produk itu sendiri. Konsep penjualan paling tidak memiliki beberapa indikator, yaitu sebagai berikut.

  1. Kecenderungan Normal Konsumen

Pada keadaan normal, konsumen memiliki kecenderungan untuk tidak membeli produk yang tidak dibutuhkan. Hal ini berarti setiap produk juga akan mengalami kecenderungan normal konsumen.

  1. Usaha untuk Membuat Konsumen Membeli

Konsep penjualan juga mengenal adanya usaha untuk membuat konsumen membeli produk yang ditawarkan. Walaupun memiliki kecenderungan normal, namun hal itu masih bisa dimanipulasi melalui usaha-usaha menarik perhatian konsumen untuk membeli.

  1. Pelanggan Tetap adalah Tugas Pokok

Pada konsep penjualan juga dikenal dengan istilah tugas pokok. Tugas ini adalah segala upaya yang berorientasi pada penjualan sebagai kunci untuk menarik perhatian konsumen serta mempertahankan pelanggan tetap yang dimiliki.

3 Dasar Konsep Pemasaran

Selain berbicara mengenai konsep penjualan di atas, selanjutnya akan dibahas pula konsep pemasaran. Konsep pemasaran berfokus kepada kebutuhan pasar, serta upaya untuk lebih efektif dari para pesaing bisnis dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

Oleh sebab itu jika menyinggung masalah pemasaran otomatis produsen akan sibuk memikirkan bagaimana cara memuaskan kebutuhan konsumen. Agar lebih jelas berikut 3 dasar penting dalam konsep pemasaran.

  1. Perencanaan Pemasaran yang Sesuai Kebutuhan

Dasar pertama dalam konsep pemasaran adalah perencanaan pemasaran yang dilakukan sesuai kebutuhan. Setiap strategi yang akan dilakukan untuk memasarkan produk, maka hendaknya harus sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

  1. Upaya Pemasaran Terpadu

Dasar kedua, upaya pemasaran dilakukan secara terpadu. Maksudnya pemasaran dilakukan dengan berbagai cara dan melibatkan segala unsur organisasi. Bahkan bukan tidak mungkin ada pihak kedua dan ketiga yang juga terlibat dalam upaya tersebut. 

  1. Memberikan Kepuasan Konsumen

Ketiga, kunci dan titik fokus utama pemasaran adalah kepuasan konsumen. Oleh sebab itu, segala bentuk penawaran haruslah senantiasa memperhatikan konsumen. Pemasaran akan sukses juga konsumen terpenuhi kebutuhannya dan merasa puas dengan produk yang didapat.

Demikianlah informasi seputar konsep penjualan dan pemasaran yang dapat Anda ketahui. Bagi Anda yang ingin menekuni dunia bisnis, maka sangat penting untuk memahami dua konsep ini. Sebab penjualan dan pemasaran adalah dua hal yang berkaitan, namun memiliki porsinya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *