Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Pemakaian Listrik dengan Token PLN

Anda biasa mengisikan token PLN dengan nominal yang sama waktu ke waktu dan cukup untuk 1 minggu, tetapi mengapa belakangan baru beberapa hari sudah harus diisi kembali. Padahal tidak ada barang elektronik tambahan dan aktivitas semua berjalan normal. Apakah terjadi kebocoran atau tanpa sadar ada penggantian lampu dengan watt yang lebih tinggi?

Pertanyaan ini sering menjadi pertanyaan yang timbul di masyarakat. Mengapa token PLN cepat habis. Biasanya 50 ribu cukup untuk 1 minggu sekarang baru 5 hari meteran sudah bunyi minta diisi. Begitulah masalah listrik adalah satu faktor yang sangat berpengaruh pada aktivitas manusia dalam kehidupan.

Pemakaian listrik kalau tidak dikontrol dan tidak ada limit kemungkinan orang akan memakainya dengan sekehendak hati. Nyaris tiap hari tanpa henti untuk keperluan yang kurang berarti. Mereka baru tercengang saat bayar tagihan. Untunglah dengan adanya token PLN setidaknya bisa membantu untuk mengontrol pemakaian. Tapi mengapa ya sekarang makin cepat habis tidak seperti dulu?

Bagi masyarakat yang kurang mengikuti informasi pemerintah, tidak akan tahu bahwa tarif listrik telah mengalami kenaikan beberapa kali. Token PLN dengan nominal yang sama dulu cukup untuk beberapa hari, saat ini lama bertahan hidupnya menjadi berkurang. Ia seperti uang yang mengalami inflasi. Dulu uang Rp 20.000 cukup untuk membeli 2 kg beras, sekarang hanya bisa memenuhi untuk 1 kg saja.

Jadi bila tidak mau berulang membeli Token PLN lebih baik mulai berhemat menggunakan listrik. Dengan cara mengurangi pemakaian barang-barang elektronik dengan saling substitusi dengan cara atau dengan benda lainnya. Contohnya membaca e-book pindahkan membaca buku fisik. Menonton TV gantikan dengan ,membaca Koran atau majalah. Menonton TV dengan jadwal tertentu diprioritaskan untuk acara mempunyai nilai edukasi.

Pemanas air elektrik adalah barang yang cukup menyedot energy listrik begitupun dengan rice cooker dan magic jar. Alat-alat tersebut bila sering digunakan akan membuat Anda kembali membeli token PLN lebih cepat. Pompa air termasuk alat yang memakan tenaga listrik yang cukup besar. Lebih baik mengisi bak penampungan secara berkala dan dipakai secara bijaksana agar pompa air tidak terlalu sering dihidupkan.

Penerangani ruangan dikondisikan dengan tempat kita beraktivitas. Saat belajar boleh menggunakan penerangan yang cukup kuat. Bila sudah selesai dimatikan menjelang tidur. Semua bisa dilakukan dari sekarang Anda akan merasakan di masa hadapan. Disamping pembelian token PLN tidak berulang-ulang, uang hematnya bisa dipakai untuk keperluan lain.

Menjadikan token PLN sebagai alat pengendali pemakaian listrik adalah hal yang sangat berguna. Hemat listrik yang ditanamkan dalam kehidupan bukan saja berdampak kepada kebaikan masing-masing rumah tangga. Pada skala globalnya ia memberikan nilai positif kepada alam sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *