Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

5 Contoh Usaha Kecil dan Menengah yang Bisa Dicoba

Usaha Kecil dan Menengah atau disingkat UKM adalah kegiatan usaha yang dilakukan oleh perorangan maupun badan usaha yang dimiliki oleh perorangan.

Bedanya terletak pada jumlah aset bersih yang dimiliki pelaku usaha dan juga hasil yang didapatkan dari penjualan tahunan.

Saat ini, ada banyak orang yang tergiur untuk mencoba menjalankan usaha kecil dan menengah. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan jumlah UKM atau UMKM di Indonesia.

5 Contoh Usaha Kecil dan Menengah yang Bisa Dicoba

Dengan hadirnya para pebisnis baru tentu membuka lapangan pekerjaan baru lagi sehingga hadirnya UKM ini memberikan dampak positif terutama dalam memajukan perekonomian negara.

Apalagi peluang usaha baru yang dapat dicoba ketika ingin menjalankan usaha kecil dan menengah ini sudah banyak. Jadi Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk meraih keuntungan yang besar.

5 Contoh Usaha Kecil dan Menengah yang Bisa Dicoba

Ada banyak sekali contoh bisnis atau usaha yang termasuk ke dalam kategori Usaha Kecil dan Menengah. Anda bisa pilih mana jenis usaha yang paling cocok untuk Anda jalankan.

1. Bisnis Kuliner

Banyak orang memilih bisnis kuliner karena bisnis ini bisa dibilang bisnis yang tidak akan pernah mati. Makanan merupakan kebutuhan pokok bagi setiap insan.

Jadi tentunya bisnis makanan atau kuliner juga akan selalu dicari orang-orang. Jika Anda ingin menjalankan bisnis ini, Anda bisa memulai dengan modal yang kecil.

Untuk sukses berbisnis kuliner yang perlu dilakukan adalah dengan membuat makanan yang rasanya enak dan berkualitas, memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan dan membuat strategi pemasaran yang benar-benar efektif.

2. Bisnis pakaian

Selain bisnis kuliner, bisnis pakaian atau fashion juga banyak dilakukan oleh orang-orang.

Karena bisnis ini berpotensi menghasilkan untung yang sangat besar terutama jika hari-hari besar tiba.

Untuk Anda yang tertarik menjalankan bisnis ini Anda harus mencari tahu tren mode yang berkembang saat ini karena tren pakaian akan terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

3. Bisnis otomotif

Ada juga bisnis otomotif dimana bisnis ini menjadi salah satu peluang yang cukup menjanjikan.

Bisnis otomotif sendiri ada banyak misalnya membuka steam motor atau mobil, membuka bengkel otomotif, menyewakan mobil atau motor, menjual sparepart dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bisnis ini sangat berpotensi jadi untuk Anda yang ingin berbisnis UKM bisa coba bisnis yang satu ini.

4. Bisnis tour and travel

Bisnis tour and travel sepertinya jadi bisnis yang sangat potensial beberapa tahun belakangan ini terutama untuk Anda yang bertempat tinggal di dekat daerah pariwisata.

Anda bisa manfaatkan hal tersebut untuk menawarkan paket tur kepada orang-orang yang disertai fasilitas yang nyaman.

5.Bisnis Laundry

Dan terakhir, Anda bisa coba memulai bisnis laundry dimana bisnis satu ini tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak.

Selain melaundry pakaian, Anda juga bisa kembangkan lagi bisnis ini misalnya dengan menyediakan jasa membersihkan helm atau bahkan sepatu.

Itulah tadi daftar usaha kecil dan menengah yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Jika nanti Anda benar-benar berniat untuk terjun ke dalam dunia usaha, maka Anda harus melakukannya dengan sepenuh hati yang disertai komitmen yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
Download Apk