Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

5 Hal Penting Menjalankan Umroh di Masa Pandemi

Terhitung sejak 1 November 2020 kemarin pemerintah Arab Saudi secara resmi membuka kembali Mekkah dan Madinah untuk menyambut jamaah umroh.

Kabar ini tentu disambut dengan sangat baik oleh seluruh umat muslim di dunia, sebab sama artinya dengan bisa menjalankan umroh setelah sekian bulan ditunda tanpa tahu sampai kapan.

5 Hal Penting Menjalankan Umroh di Masa Pandemi

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Umroh

Sebenarnya sejak 4 Oktober 2020 memang Kerajaan Arab Saudi sudah membuka Mekkah dan Madinah untuk umroh.

Hanya saja dibatasi untuk jamaah di Arab Saudi saja, dan setelah nyaris sebulan akhirnya dibuka untuk jamaah internasional.

Hanya saja mengingat pandemi belum bisa dikatakan selesai maka ada penetapan protokol kesehatan yang ketat.

Berhubung ada aturan protokol kesehatan tersebut maka ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait umroh di masa pandemi seperti sekarang. Diantaranya adalah:

1. Hal yang Perlu Dilakukan Sebelumnya

Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi sudah mengeluarkan sejumlah aturan dan pedoman untuk bisa menjalankan ibadah umroh.

Langkah pertama adalah pemesanan tiket perjalanan umroh, yakni hanya bisa dilakukan di biro perjalanan yang sudah berlisensi.

Jadi calon jamaah sebaiknya sudah memesan tiket di biro tersebut untuk mendapatkan kursi penumpang di pesawat.

Apalagi jumlah jamaah umroh masih sangat dibatasi oleh pemerintah Arab Saudi. Yakni antara 700 sampai maksimal 1.000 jamaah saja.

2. Usia Jamaah Umroh

Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi juga mengumumkan adanya pembatasan usia untuk jamaah umroh Yakni minimal 18 tahun dan maksimal adalah 50 tahun.

Kemungkinan besar batasan usia ini ditujukan untuk menjamin keselamatan seluruh jamaah, yakni tidak di usia yang rentan terinfeksi Covid-19 karena sistem imun yang lemah.

3. Menjalani Tes Covid-19

Berikutnya adalah terkait tes Covid-19 dan ini sifatnya wajib. Jadi para jamaah yang akan menjalani ibadah umroh diwajibkan melampirkan hasil tes swab negatif.

Adapun batasan maksimal dari hasil tes ini adalah 72 jam. Jadi segera mungkin lakukan tes swab dan pastikan hasilnya negatif untuk bisa membantu Anda menjalankan umroh di tengah pandemi.

4. Karantina Sebelum Menunaikan Umroh

Karantina selama 3 hari juga diwajibkan oleh Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi. Jadi setibanya di Arab Saudi para calon jamaah diwajibkan untuk menjalani karantina 3 hari di hotel masin-masing.

5. Proses Pendaftaran

Semua data diri calon jamaah perlu didaftarkan dan dipastikan keabsahannya oleh perusahaan umroh.

Jadi, pastikan proses ini sudah dilakukan oleh perusahaan umroh atau biro perjalanan umroh tersebut. Sehingga bisa memastikan Anda untuk menjalankan ibadah umroh di Mekkah dan Madinah.

Memahami apa saja yang perlu dipersiapkan dan dilalui selama menjalankan umroh sangat penting.

Sebab membantu mempersiapkan diri dengan baik agar bisa menunaikan semua rukun umroh dengan aman dan nyaman.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya