Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

5 Kegunaan Dompet Digital yang Semakin Kompleks

Sejak tahun 2018 lalu, transaksi digital mengalami peningkatan sebesar 24% dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Mayoritas berasal dari transaksi online seperti transaksi belanja di marketplace. Sebagian lagi berasal dari transaksi offline, yang memang persentasenya masih terbilang kecil sebab kebanyakan masyarakat masih mengandalkan pembayaran tunai.

5 Kegunaan Dompet Digital yang Semakin Kompleks

Kegunaan Dompet Digital

Namun semakin kesini transaksi offline juga mulai menggunakan transaksi non tunai, mulai dari pembayaran dengan kartu debit maupun kartu kredit sampai penggunaan aplikasi dompet digital. Apa itu dompet digital? Dompet digital merupakan aplikasi elektronik yang digunakan untuk membayar transaksi secara non tunai.

Contoh aplikasi dompet digital ini semakin banyak, sebut saja seperti Dana, Ovo, dan lain sebagainya. Penggunaan aplikasi dompet digital tentunya di masa sekarang lebih menguntungkan. Apalagi fungsi atau kegunaannya yang semakin kompleks, yakni untuk:

1. Membayar Transaksi Online

Kegunaan pertama dari aplikasi dompet digital tentu saja untuk mempermudah pembayaran transaksi online. Apalagi banyak platform belanja online bekerja sama dengan salah satu aplikasi tersebut. Misalnya saja Tokopedia dengan Ovo, sehingga transaksi belanja semakin praktis dan cepat.

2. Membayar Transaksi Offline

Sekarang dompet digital juga memberi fasilitas pembayaran transaksi belanja offline di merchant pengelola aplikasi. Sehingga semakin banyak tempat baik itu tempat makan, mall, dan swalayan yang pembayarannya bisa memakai aplikasi tersebut.

3. Membayar Berbagai Tagihan

Aplikasi dompet digital mengalami perkembangan signifikan, saat ini juga bisa dipakai untuk membayar berbagai jenis tagihan. Seperti tagihan BPJS, listrik, PAM, dan lain sebagainya. Kini membayar berbagai tagihan bulanan terasa lebih praktis dan tidak perlu kemana-mana karena bisa mengandalkan smartphone di tangan.

4. Belanja Pulsa

Aplikasi dompet digital umumnya juga memberi fasilitas untuk belanja pulsa, sehingga bisa langsung isi pulsa dengan mengandalkan smartphone sendiri. Jangan lupa untuk melakukan top up saldo dulu di aplikasi dompet digital, agar bisa dipakai beli pulsa.

5. Transfer

Kemudahan transaksi online semakin terasa dari fitur transfer yang disediakan beberapa aplikasi dompet digital. Beberapa membebaskan biaya administrasi untuk transfer ke berbagai bank. Beberapa lagi yang lainnya menerapkan biaya administrasi namun lebih murah dibanding transfer via ATM, m-banking, dan sejenisnya.

Aplikasi dompet digital perlu diakui memiliki peran dalam peningkatan transaksi non tunai di Indonesia maupun di berbagai negara di dunia. Aplikasi ini menyediakan fitur pembayaran yang lengkap bahkan tidak jarang selalu menawarkan promo menggiurkan. Sehingga dengan mengandalkan smartphone maka berbagai transaksi pembayaran bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Berhubung aplikasi dompet digital ini lumayan banyak, maka pilih yang terbilang resmi dan sudah digunakan oleh banyak orang sebagai jaminan keamanan. Selain itu pertimbangkan soal merchant yang dimiliki, karena semakin banyak semakin memungkinkan mengandalkan aplikasi tersebut untuk membayar transaksi belanja apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *