Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Tengah Musibah Banjir

Saat banjir terjadi maka tidak hanya membuat rumah tidak nyaman untuk ditempati dan harus mengungsi saja. Namun juga menimbulkan berbagai masalah kesehatan, ada sejumlah penyakit yang mengintai ketika bencana ini datang. Meskipun demikian Anda tetap bisa terhindar dari resiko terkena penyakit tersebut asalkan bisa menjaga kesehatan dengan baik.

5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Tengah Musibah Banjir

Cara Menjaga Kesehatan di Tengah Banjir

Musibah banjir memang datang tiba-tiba, mencegahnya hanya bisa dilakukan jauh-jauh hari. Apabila tetap tidak bisa dihindari maka penting untuk fokus menjaga kesehatan agar tidak jatuh sakit. Sebab sakit di tengah bencana akan membuat Anda semakin kurang nyaman alias menderita.

Menjaga kesehatan ditengah musibah banjir bukan persoalan mudah, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan sama sekali. Anda bisa mencoba melakukan beberapa hal sederhana berikut ini:

1. Rajin Mencuci Tangan

Menjaga kebersihan diri menjadi salah satu kunci penting untuk tetap sehat di tengah musibah banjir. Anda bisa mulai dengan menjaga kebersihan badan seperti mandi paling tidak sehari sekali, menggosok gigi, dan kebersihan pribadi lainnya. Tidak kalah penting adalah rajin mencuci tangan.

Sebab tangan menjadi salah satu media yang paling sering terjangkit kuman dan mudah masuk ke tubuh. Usahakan mencuci tangan memakai sabun dan menggunakan air bersih. Jika kebersihan dijaga maka resiko terkena penyakit di musim banjir dapat diperkecil.

2. Konsumsi Makanan yang Bergizi dan Bersih

Meskipun musibah banjir menyerang bukan berarti Anda tidak bisa makan sama sekali. Bantuan akan tetap datang, dan jika kesulitan untuk masak sendiri manfaatkan bantuan makanan yang datang. Apabila masih bisa mengolah masakan sendiri pastikan menyediakan menu bergizi. Sebab saat banjir tubuh butuh asupan nutrisi agar daya tahan tubuh tetap bagus.

3. Pastikan Minum Air Matang

Banjir yang menyerang biasanya akan membuat persediaan air bersih mengalami defisit. Tidak heran jika pemenuhan kebutuhan air minum menjadi sangat sulit, meskipun begitu pastikan hanya minum air matang. Sebab dengan proses perebusan maka kandungan mikroba berbahaya di dalam air akan mati secara alami.

4. Hindari Berjalan di Genangan Air

Genangan air adalah hal yang harus dihindari karena di area ini terdapat bakteri penyebab penyakit tumbuh subur. Jadi, usahakan tidak berjalan di genangan air selama banjir karena dijamin kandungan bakterinya jauh lebih tinggi.

5. Konsumsi Multivitamin

Menjaga daya tahan tubuh merupakan hal penting selama banjir agar tubuh tetap sehat. Bila memungkinkan dan diperlukan silahkan mengkonsumsi multivitamin yang sesuai kebutuhan. Langkah ini bisa membantu meminimalkan resiko jatuh sakit di tengah banjir.

Banjir memang menjadi bencana yang bisa terjadi dimana saja, di musim hujan seperti sekarang. Tercatat ada beberapa kota di Indonesia yang terkena banjir, bisa jadi merupakan kota Anda tinggal. Agar tetap sehat bisa mencoba tips di atas, sehingga lebih mudah melewati musibah banjir ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp
Call Now