Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

6 Menu Khas Lebaran yang Berasal dari Berbagai Daerah

Saat lebaran tiba, keluarga Anda atau mungkin daerah tempat tinggal Anda punya menu khas apa saja? Tentunya setiap orang memiliki jawaban tersendiri karena setiap daerah diketahui punya menu-menu khas untuk menyambut lebaran.

Biasanya menu-menu khas ini akan menjadi menu yang banyak dinantikan, dan akan menarik jika mengintip apa saja menu-menu tersebut.

6 Menu Khas Lebaran yang Berasal dari Berbagai Daerah

Menu Khas Lebaran dari Berbagai Daerah

Berikut adalah berbagai menu khas menyambut momen lebaran dari berbagai daerah yang tentu menarik untuk diketahui:

1. Gulai Nangka dari Medan

Gulai nangka ternyata menjadi menu andalan bagi masyarakat di Medan untuk menikmati momen lebaran. Gulai ini seperti namanya memakai bahan utama nangka muda yang diiris tipis dan direbus sampai warnanya kemerahan dan lunak. Selain itu ditambahkan irisan iga sapi yang membuatnya semakin istimewa.

2. Opor Ayam dan Ketupat dari Jawa

Masyarakat di Jawa khususnya Jawa Tengah biasanya menyajikan menu andalan berupa opor ayam dengan ketupat. Perpaduan santan yang gurih dengan bumbu kaya rempah berwarna kuning membuat opor ayam selalu menjadi primadona. Ketika disantap dengan ketupat atau potongan lontong, maka akan membuat momen lebaran terasa lebih istimewa.

3. Semur Daging dari Jakarta

Jakarta juga memiliki menu khas yang merupakan menu andalan untuk meramaikan momen Idul Fitri atau lebaran, yakni semur daging. Menu satu ini merupakan olahan dari daging sapi maupun ayam yang direbus lama sampai empuk. Kemudian dimasak dengan bumbu kecap hingga meresap dan kuahnya mengental, siapa saja yang mencicipinya dijamin ketagihan.

4. Bebek Gulai Kurma dari Aceh

Apabila tahun ini atau mungkin tahun-tahun yang akan datang punya kesempatan merayakan lebaran di Serambi Mekkah alias Aceh. Maka dijamin akan menjumpai menu bernama bebek gulai kurma. Menu ini merupakan menu khas yang dijumpai di setiap rumah saat lebaran tiba. Terbuat dari daging bebek yang diolah dengan aneka jenis rempah dalam jumlah melimpah.

5. Lemang dari Jambi

Beralih ke Jambi, disini Anda bisa menikmati lemang saat lebaran tiba karena menjadi menu khas. Lemang sendiri terbuat dari beras ketan yang kemudian digulung dengan daun pisang. Dimasak dengan cara dimasukan ke dalam bambu dan dibakar sampai matang. Meskipun bukan menu asal Jambi, namun lemang selalu mewarnai perayaan lebaran masyarakat setempat.

6. Rendang dari Padang

Siapa yang tidak kenal dengan rendang? Menu ini berasal dari Padang yang kemudian dikenal luas ke seluruh penjuru negeri bahkan ke berbagai negara. Rendang bahkan sempat dikenal dunia internasional sebagai makanan terlezat di dunia.

Rendang juga menjadi menu andalan saat lebaran bagi masyarakat di Padang. Terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan santan, rempah, dan dimasak lama sampai kuah kering. Selain dibuat dari daging sapi bisa pula memakai daging ayam, bebek, atau bahkan paru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya