Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

6 Tips Aman Belanja di Pasar Tradisional Selama Pandemi

Selama pandemi dijamin merasa was-was setiap kali keluar rumah, apalagi jika ingin datang ke pasar untuk belanja kebutuhan pokok. Tidak sedikit yang menganggap pergi ke pasar tradisional di tengah pandemi sama artinya sedang berjihad. Supaya tetap aman dari ancaman virus corona pastikan untuk melakukan protokol kesehatan dengan ketat.

6 Tips Aman Belanja di Pasar Tradisional Selama Pandemi

Tips Aman Belanja di Pasar Tradisional Selama Pandemi

Berikut adalah sejumlah tips aman pergi ke pasar tradisional selama pandemi untuk mencegah tertular paparan virus corona:

1. Tidak ke Pasar Saat Sakit

Pergi ke pasar tentu dengan tujuan yang jelas, yakni untuk membeli berbagai kebutuhan pokok terkait kebutuhan dapur. Meskipun menjadi kebutuhan yang tentu kurang tepat untuk ditunda.

Ada baiknya menyesuaikan dengan kondisi tubuh, usahakan badan sehat tidak sedang sakit. Sebab memaksa ke pasar di tengah pandemi saat sakit akan meningkatkan resiko terinfeksi virus corona.

2. Memakai Masker dan Face Shield

Tips aman berikutnya adalah dengan tertib memakai masker sejak keluar rumah sampai masuk ke rumah lagi. Gunakan masker medis, jika tidak ada gunakan masker kain minimal dua lapis.

Supaya lebih aman tambahkan tisu di tengah masker sebagai filter tambahan. Akan lebih baik jika memakai face shield yang melindungi diri dari droplet orang yang ditemui selama di pasar.

3. Mencuci Tangan

Mencuci tangan juga wajib dilakukan saat pergi ke pasar, saat masuk area pasar, dan tentunya sesampainya di rumah setelah dari pasar. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik efektif membunuh virus yang menempel di telapak tangan. Sehingga membantu menurunkan resiko terinfeksi virus corona.

4. Tidak Terlalu Lama

Pastikan kunjungan ke pasar tradisional dilakukan secepat mungkin, hindari berlama-lama di dalamnya. Sebab yang namanya pasar dijamin penuh sesak sehingga kemungkinan tertular virus corona lebih tinggi. Oleh sebab itu susun daftar belanja jika sudah komplit segera pulang.

5. Atur Jarak Aman

Meskipun di pasar tradisional akan sulit untuk menjaga jarak, namun bukan tidak mungkin untuk dicoba. Usahakan untuk menghindari jalanan yang penuh sesak dan saat berinteraksi dengan penjual pastikan ada jarak sekitar 1 meter atau lebih sedikit.

6. Belanja untuk Stok

Meminimalkan intensitas masuk ke pasar tradisional adalah hal bijak untuk dilakukan selama pandemi. Alangkah baiknya belanja lebih banyak untuk dijadikan stok selama seminggu atau sesuai kebutuhan. Sehingga Anda tidak perlu datang ke pasar setiap hari, resiko terinfeksi virus corona pun bisa ditekan.

Pandemi virus corona memang memaksa siapa saja untuk menghindari keramaian, termasuk pasar tradisional. Hanya saja tetap akan ada sejumlah kebutuhan perlu dipenuhi dengan belanja ke pasar. Maka ketika dilakukan ada baiknya mempraktekan sejumlah tips aman di atas untuk mencegah penularan virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp
Call Now