Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Agar Tak Lemot, Ikuti Tips Kelola Memori Smartphone Berikut Ini

Keberadaan memori dalam smartphone merupakan hal penting. Pengguna smartphone pun akan menggunakannya secara maksimal untuk berbagai kebutuhan mulai dari menyimpan berbagai foto dan video, memasang sejumlah aplikasi, ataupun lainnya.

namun demikian, penggunaan yang kurang tepat seringkali membuat memori jadi kurang optimal bahkan jadi lemot. Apalagi saat ini semakin banyak smartphone yang dibekali memori dan penyimpanan berkapasitas cukup besar guna mendukung berbagai kebutuhan penggunanya. Tak ingin smartphone jadi lemot karena kesalahan penggunaan memori? Intip beberapa tips berikut ini!

Agar Tak Lemot, Ikuti Tips Kelola Memori Smartphone Berikut Ini

Cara Kelola Memori Smartphone Agar Tidak Lemot

Salah satu penyebab lemot pada smartphone adalah kurang tepatnya pengelolaan memori yang terpasang pada smartphone tersebut. Namun jangan khawatir karena ada beberapa cara mengatasinya.

1. Hapus Cache

Bagi Anda yang belum paham apa itu cache, ini merupakan data-data yang disimpan pada memori internal smartphone. Cache ini memiliki peran penting untuk mempercepat kinerja sistem serta mencatat semua aktivitas yang dilakukan dengan smartphone tersebut.

Meski demikian, cache ini juga memakan ruang cukup besar di memori internal smartphone bila tidak dihapus dan membuat smartphone jadi lebih lemot. Inilah mengapa Anda sebaiknya melakukan pembersihan terhadap cache tersebut secara berkala supaya smartphone tetap bekerja dengan cepat dan lancar.

2. Bersihkan File Obb

File obb ini biasanya digunakan untuk menyimpan file game maupun aplikasi yang biasanya membutuhkan banyak sekali ruang di memori internal smartphone. Kebanyakan file obb ini tidak terhapus secara otomatis meskipun aplikasi maupun game telah dihapus dari smartphone tersebut. Supaya smartphone tidak semakin lemot, Anda bisa membersihkan berbagai file obb yang ada di memori internal.

3. Hapus Folder Thumbnails

Anda mungkin pernah melihat adanya folder .thumbnails pada smartphone. Folder ini digunakan untuk menyimpan berbagai foto dalam ukuran kecil sehingga lebih memudahkan untuk menampilkan foto-foto atau gambar tersebut di Galeri. Tentunya semakin banyak file yang ada di dalam folder thumbnails makan ini akan membutuhkan ruang yang semakin besar.

Folder thumbnails sendiri merupakan folder tersembunyi yang mana untuk melihatnya Anda bisa menggunakan aplikasi khusus untuk membuka file tersembunyi. Bila smartphone Anda mulai lemot, Anda bisa mencari folder thumbnails di smartphone Anda dan menghapusnya. Jangan khawatir karena gambar ataupun foto yang Anda simpan akan tetap aman meski folder tersebut Anda hapus.

Banyak pengguna smartphone yang kurang paham pengelolaan memori di smartphone yang digunakannya. Bila memori smartphone memiliki kapasitas cukup besar maka tak jarang mereka mengisinya hingga terlalu penuh. Tentu saja, ketika memori terlalu penuh maka ini akan membuat kinerja ponsel jadi lebih lambat atau lemot. Bila demikian, ini perlu melakukan pembersihan terhadap memori tersebut seperti beberapa cara di atas untuk membuat kinerja ponsel kembali lebih cepat dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp
Call Now