Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Mengenal Aplikasi E Payment, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya

aplikasi-e-payment

Electronic payment atau e payment merupakan metode pembayaran yang memudahkan dan memberikan kenyamanan kepada pengguna ketika melakukan transaksi pembayaran. Pengguna aplikasi e payment bisa memanfaatkan koneksi internet untuk transaksi tanpa harus menemui penjual.

Sampai saat ini sudah ada banyak platform yang bisa dipakai untuk kebutuhan pembayaran online. Hal ini tentunya akan sangat membantu banyak orang yang tidak suka membayar tunai dan mengurangi tindak kejahatan jambret.

Jenis-Jenis E Payment

Di Indonesia terdapat banyak jenis e payment yang bisa membantu banyak orang dalam melakukan pembayaran secara online. Berikut ini beberapa jenis e payment yang umum digunakan untuk pembayaran secara online.

1. E Wallet

Sering disebut sebagai dompet digital, dimana pengguna cukup mengisi saldo dari bank online. Nantinya e wallet ini bisa dipakai untuk kebutuhan belanja online. E wallet sendiri mempunyai beberapa pilihan aplikasi e payment yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Diantaranya ada OVO, Dana, Go-Pay, dan masih banyak lainnya. Dengan adanya e wallet ini maka tidak perlu repot-repot lagi membawa dompet tebal dan bisa bebas melenggang santai. Ini dikarenakan proses pembayaran nanti memanfaatkan smartphone.

2. Payment Cash

Kemudian ada payment card yang berbasis kartu elektronik, contohnya kartu debit (ATM) atau kartu kredit. Jika sampai payment card hilang, maka bisa menelpon pihak bank penerbit dan meminta pemblokiran sementara untuk mengurus penggantian payment card baru.

3. E Check

Merupakan salah satu jenis e payment yang berupa cek bentuk digital atau cek elektronik. Menggunakan e check ini maka bisa belanja kebutuhan sehari-hari. Selain itu juga bisa melakukan tarik dana tunai dari bank tertentu sesuai angka yang tercantum pada e check.

4. Smart Card

Sistem pembayaran yang menggunakan smart card ini sejenis kartu debut atau kartu ATM. Ketika pengguna melakukan transaksi, jumlah saldo di dalam smart card akan berkurang sesuai nominal harga barang.

5. E Cash

Terakhir ada e cash atau uang elektronik yang khusus dirancang untuk dikirim ke penerima. Dalam metode pembayaran e payment ini ada nomor rekening berupa nomor telepon di penerima. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan bagi yang tidak hafal nomor rekening penerima.

Manfaat Menggunakan E Payment

Layanan pembayaran satu ini sendiri banyak digunakan oleh e commerce. Ini dikarenakan alasan keamanan, kenyamanan, dan kemudahan dalam pemakaiannya. Selain itu e payment ini juga memberikan banyak manfaat seperti berikut ini.

  • Efisiensi Waktu. Adanya dukungan koneksi internet stabil akan membuat transaksi jadi semakin mudah untuk dilakukan. Bahkan proses pembayaran tidak perlu keluar rumah.
  • Sistem yang diusung oleh e payment ini akan membuat transaksi tidak kenal batas waktu. Yang mana bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
  • Keamanan yang Terjamin. Kemudian dari segi keamanan yang terjamin membuat banyak orang menggunakan transaksi satu ini. Untuk sistem pembayaran seperti ini umumnya menggunakan sistem pendeteksi fraud.
  • Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Manfaat terakhir menggunakan e payment atau electronic payment adalah bisa meningkatkan loyalitas pelanggan. Contohnya sebagai pelaku UMKM bisa memberikan pelayanan cepat, terlebih penerimaan atau pengiriman pembayaran mudah. Pastinya banyak pelanggan yang loyal pada bisnis tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu e payment, jenis, dan manfaatnya di zaman sekarang ini. Salah satu aplikasi e payment yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pembayaran adalah aplikasi Wijaya Komunika. Bahkan aplikasi ini bisa dimanfaatkan sebagai mitra penjualan produk digital untuk mendapatkan penghasilan bulanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya