Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Bagaimana Cara Kerja Server Pulsa? Yuk Kita Cari Tahu!

Saat ini pulsa memang telah menjadi salah satu kebutuhan manusia yang juga harus dipenuhi. Hal ini tentunya juga merupakan imbas dari perkembangan perangkat telekomunikasi yang semakin canggih.

Bagaimana Cara Kerja Server Pulsa Yuk Kita Cari Tahu

Tingginya angka permintaan pulsa, maka hal itu pun membuat munculnya ladang bisnis baru dengan omzet yang menjanjikan. Salah satunya adalah membuka kios pulsa yang dilengkapi dengan server pulsa. Lalu bagaimana sebenarnya kinerja dari server pulsa ini?

Definisi Server Pulsa

Sebelum mengkaji tentang cara kerja dari server pulsa, ada baiknya Anda menyimak dulu definisi dari server pulsa. Server pulsa merupakan sekumpulan perangkat komputer yang memang sengaja dirancang untuk dapat melakukan transaksi pulsa. Biasanya server pulsa ini akan terhubung dengan penyedia maupun distributor pulsa, seperti Mtronik, Mkios dan lain sebagainya.

Walaupun memiliki hubungan langsung dengan penyedia pulsa, namun server pulsa ini tidak mampu menghasilkan pulsa sendiri. Melainkan hanya berperan sebagai penghubung antara konter pulsa dan penyedia pulsa. Oleh karena perannya sebagai penghubung, maka sudah pasti kualitas dari server pulsa ini harus selalu terjaga. Paling tidak Anda harus memiliki seorang staf khusus yang dapat menjamin kualitas dari server pulsa tersebut.

Cara Kerja Server Pulsa

Sebagaimana Anda ketahui bahwa server pulsa merupakan sekumpulan perangkat komputer dan perannya adalah sebagai penghubung penting dalam transaksi pulsa. Oleh sebab itu, server ini bekerja berdasarkan proses komputerisasi yang harus dipahami dengan baik. Agar server mampu bekerja secara optimal, maka dibutuhkan beberapa peralatan, yaitu sebagai berikut.

1. Seperangkat Komputer

Peralatan pertama yang harus ada adalah seperangkat komputer. Alat ini menjadi modal utama dalam membangun server pulsa. Tenang saja, komputer tidak harus mahal, namun cukup komputer sederhana yang dapat digunakan untuk koneksi ke internet.

2. Modem untuk Koneksi Internet

Peralatan kedua yang juga harus dimiliki server pulsa adalah modem. Saat ini telah banyak tersedia modem yang dikhususkan untuk membangun server pulsa. Modem inilah nantinya yang akan menghubungkan server ke internet, sehingga dapat berjalan sebagaimana mestinya.

3. Software Pulsa

Peralatan ketiga adalah software pulsa. Jika tadi semuanya adalah perangkat keras, maka peralatan satu ini merupakan perangkat lunak. Melalui software ini nantinya Anda dapat melakukan transaksi pulsa sesuai dengan nominal yang dibutuhkan.

Ketika terjadi permintaan pulsa, maka konter akan mengirimkan kode untuk melakukan pengisian pulsa. Kode ini nantinya akan disampaikan kepada penyedia pulsa melalui server pulsa. Jika tidak mengalami kendala, maka pulsa yang diminta akan segera terisi ke nomor tujuan. Tentunya alur kerja ini terjadi secara sistematis melalui kerja komputer yang memerlukan pantauan dari seorang operator.

Itulah tadi cara kerja server pulsa dan juga beberapa peralatan yang diperlukan untuk mendukung kinerja server tersebut. Semoga informasi seputar server pulsa ini dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp
Call Now