Cara Membayar Tagihan PLN Online

token-listrik-murah-online

Listrik merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan kita. Saat ini banyak kegiatan atau kehidupan yang didukung dengan listrik. Di Indonesia layanan listrik disediakan oleh PT PLN (Persero). Saat ini tersedia dua layanan, yaitu pascabayar dan prabayar. Saat ini kita dapat membayar tagihan pln online dengan banyak cara. Tentunya akan sangat memudahkan dan menguntungkan.

Listrik pascabayar merupakan sebuah layanan dengan sistem penggunaan terlebih dahulu baru membayar tagihan akhir bulan. Sedangkan prabayar yaitu menggunakan sistem token pulsa. Sehingga kamu harus membeli token listrik terlebih dahulu baru dapat memanfaatkan layanan listrik yang ada. Untuk token tersedia mulai dari Rp 20.000,- hingga Rp 1.000.000,- sedangkan untuk pascabayar unlimited.

Beberapa Cara Bayar Tagihan PLN Online

Pembayaran tagihan pln online akan memudahkan dan memberikan kita banyak keuntungan. Salah satunya yaitu menghemat tenaga, waktu dan juga biaya. Hal ini dikarenakan kamu dapat melakukannya walaupun dari rumah. Berikut beberapa cara yang dapat kamu gunakan:

1. Menggunakan aplikasi PLN Mobile

Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dari pihak PT PLN (Persero). Tujuannya untuk mempermudah pelayanan yang ada. Bukan hanya membayar tagihan secara online tetapi juga pelayanan lainnya. Seperti pemasangan baru, menaikan daya, perbaikan, layanan internet, dan mencari lokasi SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum). 

2. Menggunakan aplikasi e-wallet

Cara yang kedua adalah menggunakan aplikasi e-wallet atau dompet digital. Saat ini transaksi tanpa uang tunai telah menjadi tren tersendiri dikalangan masyarakat. Tentunya didukung dengan faktor teknologi dan manfaat yang dapat dirasakan. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk bayar tagihan pln online dengan mudah dan cepat. Karena menggunakan smartphone kamu dapat melakukannya dimanapun dan kapanpun.

3. Menggunakan Mobile banking

Bukan hanya sebagai salah satu alat untuk transfer uang tetapi juga banyak fitur yang lain. Ketika menggunakan layanan perbankan mobile banking, kamu dapat menggunakannya untuk bayar tagihan pln online. Baik untuk listrik pascabayar maupun prabayar. 

4. Menggunakan aplikasi top up atau pembayaran

Aplikasi ini merupakan sebuah layanan yang dapat kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari pembayaran tagihan listrik, internet, pulsa dan paket data, voucher game, e-wallet, e-commerce dan banyak lagi. Bukan hanya untuk berbagai pembayaran namun juga bisa dijadikan partner untuk mendapatkan penghasilan. Biasanya kounter pulsa dekat rumah menggunakan aplikasi ini sebagai mitra kerja. Wijaya Komunika (Wipay) merupakan salah satunya. Aplikasi ini adalah distributor pulsa dan ppob berskala nasional. Kamu dapat mendaftarkan diri sebagai mitra untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

5. Menggunakan aplikasi E-commerce

Mungkin kamu lebih mengenal aplikasi ini untuk berbelanja online atau penjualan online. Tetapi terdapat fitur lainnya yaitu pembayaran listrik, pulsa dan paket data. Kamu dapat memanfaatkannya untuk membayar tagihan listrik secara online.

6. Datang ke kounter pulsa terdekat

Cara terakhir membayar tagihan pln online yaitu dengan datang ke kounter pulsa terdekat. Mungkin akan memakan sedikit waktu, tenaga dan biaya, namun lebih efektif dari pada datang langsung kekantor layanan PLN. Cara ini dapat kamu jadikan pilihan jika kamu tidak memiliki satupun aplikasi diatas.

Kamu dapat menggunakan cara-cara diatas untuk bayar tagihan pln online. Gunakan salah satunya yang menurutmu mudah dan menguntungkan. 

Kelebihan Membayar Tagihan PLN Secara Online

Sudah kita bahas sedikit bahwa membayar tagihan secara online akan memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Berikut ini akan kita bahas beberapa kelebihannya lebih luas lagi, diantaranya:

  • Hemat tenaga

Dengan melakukannya dimana saja dan kapan saja bahkan dengan rebahan tentunya tidak diperlukan tenaga yang besar untuk menyelesaikannya. Kamu tidak perlu lagi mengantri dan melakukan perjalanan jauh demi membayar tagihan listrik.

  • Hemat waktu

Selain hemat tenaga kamu juga akan lebih hemat waktu. Hal ini dapat kamu rasakan manfaatnya ketika dalam keadaan yang super sibuk. Sehingga waktu sangatlah berharga. Dengan membayar tagihan listrik secara online tidak akan memakan waktu terlalu banyak.

  • Hemat biaya

Kelebihan selanjutnya adalah hemat biaya. Tanpa harus mengeluarkan biaya transportasi karena dapat dilakukan dimana saja. Baik dirumah, ditempat kerja atau dimanapun. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi biasanya terdapat promo atau diskon yang akan lebih menghemat biaya yang perlu dikeluarkan.

  • Terhindar dari keterlambatan

Pembayaran secara online akan menjauhkan kamu dari keterlambatan. Biasanya akan dikenakan denda jika kamu terlambat membayar tagihan listrik. Dengan membayar secara online kamu dapat melakukan pembayaran bahkan malam sebelum jatuh waktu tempo. 

  • Tidak perlu uang tunai 

Kelebihan selanjutnya yaitu tidak diperlukannya uang tunai. Dengan begitu kamu juga tidak akan mendapatkan uang kembalian jika jumlahnya tidak pas. Kamu pun akan terhindar dari kata ribet dan lama. 

  • Tidak perlu antri

Kelebihan selanjutnya yaitu kamu tidak perlu antri seperti pembayaran yang dilakukan ketika berada di kantor PLN atau ATM.

Itulah beberapa kelebihan dan manfaat yang dapat kamu rasakan ketika melakukan pembayaran tagihan pln online. Sebenarnya masih banyak lagi keuntungan yang dapat kita rasakan, misalnya mengurangi peredaran uang palsu. Dan semoga beberapa cara yang sudah disebutkan sebelumnya juga bermanfaat untuk membantu kamu.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya
Butuh bantuan?