Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Cara Mendapat Dana Bantuan dari Kartu Pra-Kerja

Wabah covid-19 semakin meluas seiring berjalannya waktu bahkan virus ini telah menjadi pandemic di seluruh dunia. Banyak karyawan ter-PHK dari perusahaan tempatnya bekerja untuk mengurangi penyebaran wabah virus covid-19. Kartu prakerja ini adalah kartu yang dikeluarkan pemerintah untuk memfasilitasi penduduk usia muda yang belum bekerja agar bisa mendapatkan pekerjaan. Jadi bisa disimpulkan bahwa kartu ini bukan kartu yang ditujukan untuk para pengangguran abadi, apalagi menggaji pengangguran.

Seseorang bisa mendaftarkan diri supaya bisa mendapatkan kartu prakerja apabila dirinya telah berusia minimal 18 tahun dan sedang tidak menjalani pendidikan formal. Kartu prakerja inipun bisa digunakan oleh para buruh dan karyawan yang ingin meng-upgrade skill mereka, maupun karyawan atau pegawai perusahaan yang di PHK oleh perusahaan. Namun prioritas utama pemegang kartu prakerja ini adalah kelompok usia muda yang belum bekerja dan tidak sedang menempuh pendidikan kerja serta sedang focus ingin mencari pekerjaan.

Cara Mendapat Dana Bantuan dari Kartu Pra-Kerja

Kartu Pra-Kerja Bukan Untuk Pengangguran Abadi

Kabarnya pemilik kartu prakerja ini akan mendapatkan tunjangan subsidi selama 6-12 bulan sebesar kurang lebih satu juta dari pemerintah setiap bulannya. Tentu saja dana tersebut tidak selamanya diberikan oleh pemegang kartu Pra-Kerja, apabila pemegang kartu Pra-Kerja sudah bekerja di bulan ke-5 tunjangan akan dicabut. Karena dana tersebut diberikan pemerintah dalam rangka menambah kompetensi sang pencari kerja, maka setiap pemegang kartu Pra-Kerja ini akan diberikan berbagai pelatihan dan kursus.

Untuk mengurangi penyebaran wabah Covid-19 tahun ini berbagai pelatihan dan kursus pun dilakukan secara online bekerja sama dengan berbagai Marketplace Online di Indonesia serta berbagai website Pelatihan Online yang nantinya biaya mereka menjalani pelatihan di sana akan ditanggung oleh pemerintah.

Cara Mendapatkan Dana dari Kartu Pra-Kerja

Untuk bisa mendapatkan dana dari kartu Pra-Kerja ini tentu saja Anda harus melakukan pendaftaran dulu. Untuk bisa mendaftar Anda harus mempunyai akun terlebih dahulu. Cara membuat akun adalah sebagai berikut;

  • Kunjungi situs www.prakerja.go.id
  • Masukan E-mail dan nomor handphone Anda yang aktif
  • Klik Daftar
  • Akan muncul jendela metode verifikasi , Anda bisa memilih verifikasi melalui SMS atau E-mail
  • Setelah kode verifikasi terpilih, masukan kode tersebut
  • Tunggu sebentar, untuk mendapat ucapan selamat karena telah berhasil mendaftar

Setelah pembuatan akun selesai, mari melakukan pendaftaran. Berikut adalah caranya ;

  • Kunjungi www.prakerja.go.id
  • Log in menggunakan akun yang telah dibuat tadi
  • Klik pada tulisan “Daftar Kartu Prakerja”
  • Setelah itu akan muncul kolom formulir yang harus Anda isi. Isilah data dengan sebenar- benarnya.
  • Lakukan Tes Kemampuan Dasar
  • Selesai

Setelah Anda mengikuti langkah – langkah diatas dan berhasil, maka kartu Pra-Kerja Anda sudah berhasil dibuat. Setelah itu Anda tinggal menggunakan sebaik – baiknya untuk mengikuti berbagai pelatihan Online untuk meng-Upgrade skill Anda. Offline-pun sebenarnya juga bisa. Namun, untuk mencegah semakin meluasnya wabah Covid-19 pelatihan kerja lebih difokuskan untuk Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *