Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Cara Mengatur Keuangan agar Tidak Terdampak Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan juga seluruh dunia ternyata tidak hanya memberi dampak di sektor kesehatan, akan tetapi juga di sektor perekonomian. Tidak sedikit yang mengaku kondisi keuangannya memburuk selama pandemi karena penghasilan berkurang atau berhenti sama sekali karena terkena PHK.

Cara Mengatur Keuangan agar Tidak Terdampak Pandemi Covid-19

Cara Atur Keuangan Selama Pandemi Covid-19

Meskipun sektor finansial menjadi kurang mendukung selama pandemi, bukan berarti Anda tidak bisa mengupayakan keamanan di sektor ini. Simak beberapa cara mengatur keuangan berikut agar keuangan keluarga tetap aman selama pandemi:

1. Menyiapkan Dana Darurat

Solusi untuk memastikan kondisi finansial tetap aman selama pandemi adalah dengan memperbanyak alokasi dana ke dana darurat. Sebab kondisi perekonomian tidak stabil selama pandemi dan tidak tertutup kemungkinan kondisi finansial memburuk dengan cepat.

Namun agar tetap dapat bertahan di tengah pandemi maka memiliki dana darurat akan sangat membantu. Oleh sebab itu ketika kondisi finansial masih bagus atau setidaknya tidak terlalu terpuruk. Usahakan untuk memupuk dana darurat yang dijamin akan berguna dalam jangka panjang.

2. Memangkas Pengeluaran yang Tidak Perlu

Dalam kondisi normal mungkin Anda tidak perlu mencemaskan masalah pengeluaran yang berlebihan. Sebab pemasukan akan tetap stabil atau malah bisa semakin besar setiap bulannya. Hanya saja ketika pandemi melanda maka pemasukan bisa jadi tersendat, sehingga memangkas pengeluaran semaksimal mungkin menjadi langkah tepat.

3. Pangkas Pemakaian Kartu Kredit

Selama ini Anda memegang dan aktif menggunakan kartu kredit? Jika iya, maka selama pandemi ada baiknya untuk memangkas pemakaian kartu kredit. Jika memungkinkan Anda bisa menutupnya dulu untuk sementara. Sebab akan menciptakan hutang, dan adanya hutang di tengah pandemi merupakan bom waktu di sektor finansial.

4. Mencari Pekerjaan atau Bisnis Sampingan

Memiliki tambahan penghasilan memang menjadi solusi terbaik untuk memastikan kondisi finansial tetap aman selama pandemi. Sebab bisa memiliki sumber dana untuk dialihkan ke dana darurat, tabungan, dan sebagainya. Anda pun tidak akan menghadapi kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok selama ada pemasukan tambahan.

5. Gunakan Jasa Penasehat Keuangan

Apabila masih menghadapi kesulitan untuk mengatur keuangan, maka ada baiknya menggunakan jasa penasehat keuangan. Jasa ini akan membantu memangkas segala pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan. Ikut membantu pula untuk menentukan investasi terbaik selama masa pandemi, agar dana lebih yang dimiliki tetap bermanfaat.

Meskipun jasa penasehat keuangan ini tidak murah namun kedepannya Anda bisa mendapati kondisi finansial terjamin aman. Ada baiknya mencari jasa yang memang biayanya tidak begitu besar. Sebab pengeluaran sepenting apapun selama pandemi penting untuk dihemat semaksimal mungkin.

Mengatur keuangan secermat mungkin selama pandemi akan membantu memastikan finansial tetap dalam kondisi aman. Jadi, tidak ada ruginya mencoba berbagai cara yang disampaikan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp
Call Now