Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Cara Mengganti Listrik Pascabayar ke Prabayar

Banyak orang kini beralih ke listrik prabayar dibandingkan listrik pascabayar karena penggunaan listrik yang jauh lebih terkendali. Apalagi tidak ada sanksi seperti denda pemutusan dan pembelian pulsa pun bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Lalu, bagaimana cara mengganti listrik pascabayar menjadi listrik prabayar? Tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu tahapan-tahapannya supaya mudah nanti.

Cara Mengganti Listrik Pasca Bayar Menjadi Prabayar

Setelah mendengar kelebihan yang dimiliki oleh listrik prabayar, tentunya sebagian orang akan tertarik dan ingin beralih ke listrik prabayar. Hanya saja, ada beberapa tahapan yang harus dilalui terlebih dahulu:

1. Pastikan Pembayaran Tagihan Listrik Anda selalu lancar

Jadi di tahap yang pertama ini, Anda harus pastikan jika pembayaran tagihan listrik Anda akan selalu berjalan lancar. Jika ada tagihan listrik yang masih tertunggak, maka Anda berkewajiban untuk melunasinya terlebih dahulu berikut dengan dendanya.

2. Siapkan Berkas

Jika segala urusan pembayaran tagihan listrik sudah Anda selesaikan, di tahap kedua ini Anda harus menyiapkan ktp asli dan juga fotokopi KTP pemilik rumah atau pemilik bangunan.

Fungsi KTP tentunya supaya Anda mendapatkan id pelanggan yang bisa dilihat dari nomor KTP si pemilik rumah. Tapi jika nantinya pihak penanggungjawab tidak bisa hadir, maka bisa diwakilkan pihak yang lain dengan surat kuasa.

Selain itu, untuk orang yang mewakili pun harus menyiapkan KTPnya. Jadi nanti ada 2 KTP, dimana KTP yang satu adalah KTP penanggung jawab dan yang kedua adalah KTP yang mewakili. Anda juga harus siapkan materai 6000 sebanyak tiga lembar.

3. Menghubungi Pihak PLN

Anda juga harus menghubungi pihak PLN supaya bisa mendapatkan ID pelanggan dan dapat melakukan registrasi. Di tahap ini, pihak PLN akan bertanya terkait kondisi listrik Anda sekarang dan keinginan Anda untuk beralih ke listrik prabayar apakah ini daya listriknya ditingkatkan atau tidak.

Tidak hanya meningkatkan daya saja, Anda juga akan diminta untuk langsung datang ke kantor PLN dan membawa semua dokumen yang sudah Anda siapkan.

Jika tidak ingin melakukan penambahan daya, biasanya biaya pulsa akan dikenakan dari mulai 5 ribu hingga 1 juta sesuai permintaan Anda nanti. Tapi jika Anda ingin menambah daya biasanya akan dikenakan biaya pulsa dan juga biaya pemasangan.

4. Menunggu Verifikasi

Jika sudah melakukan registrasi, Anda juga perlu bersabar dulu untuk menunggu verifikasi pihak PLN mengenai pemasangan. PLN nanti tidak hanya menanyakan kesiapan Anda terkait kondisi listrik tapi juga akan menganalisis kesiapan penunjang listrik yang ada di sekitar Anda.

Setelah semua tahapan di atas sudah Anda lewati, maka Anda perlu menunggu hingga 15 hari kerja. Tapi jika ternyata diputuskan adanya penambahan gardu baru, Anda harus bersabar lagi karena waktunya akan lebih lama atau maksimal 40 hari waktu kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
Free Download Apk Wijaya Komunika Payment