Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Cara Menguasai Excel dengan Cepat Buat Pemula

Program Microsoft Excel 2010 memiliki banyak fitur baru yang mengejutkan. Program excel sudah lama dikenal sebagai mesin pengolah data secara virtual.

Namun, banyak orang merasa mengoperasikan program Microsoft Excel bukanlah hal yang mudah. Karena itu, Anda harus mempelajari tips-tips berikut ini supaya bisa dengan cepat menguasai program Excel.

Cara Menguasai Excel dengan Cepat Buat Pemula

Tips Menguasai Program Microsoft Excel dalam Waktu Singkat

Sebelum mengoperasikan program excel, Anda perlu menguasainya terlebih dahulu supaya lebih mudah lagi dalam menggunakannya. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba jika ingin menguasai program microsoft excel dalam waktu yang singkat.

1. Belajar perhitungan dasar

Excel merupakan mesin pengolah data yang berupa angka. Dengan excel, Anda bisa melakukan penambahan, pengurangan bahkan memanipulasi data sesuai kebutuhan Anda.

Di dalam excel, Anda dapat menghitung dan memanipulasi data dengan menggunakan rumus fungsi. Rumus ini akan digunakan untuk mengolah data agar jauh lebih mudah.

Untuk bisa membuat rumus fungsi, Anda harus mengklik kotak yang ada di program excel dan “=” atau sama dengan.

Contoh sederhana, Anda ingin tahu berapa hasil dari 5+5, Anda bisa gunakan rumus fungsi seperti ini, “5+5” kemudian tekan enter baru hasilnya nanti akan keluar.

2. Melakukan kalkulasi dengan autosum

Anda juga bisa menggunakan autosum dimana fungsinya adalah untuk mengkalkulasi dengan cepat tanpa harus tahu formula atau rumusnya.

Jika ingin melakukan penjumlahan dengan autosum, Anda hanya perlu blok semua angka yang ingin dijumlahkan dan pilih autosum yang terdapat pada menu bar.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan rumus SUM untuk menjumlahkan, Average jika ingin mencari nilai rata-rata, Max jika ingin mencari nilai terbesar, Min jika ingin mencari nilai terkecil dan masih banyak lagi yang lain.

3. Otomasi data

Otomasi dapat dapat dilakukan jika Anda ingin menuliskan nomor dengan berurutan. Anda bisa ketik angka 1 di sel pertama dan angka 2 di sel kedua. Anda bisa blok kedua kolom yang terdapat angka 1 dan dua tadi dan di pojok kanan bawah akan ada kotak hijau. Anda bisa klik dan seret ke bawah.

4. Format angka

Jika Anda ingin mengetikkan angka yang jenisnya berbeda, Anda bisa gunakan format angka. Misalnya Anda ingin menulis 100 dalam jumlah rupiah, Anda bisa format angkanya dengan mengklik menu bar yaitu general dan pilih jenis yang Anda inginkan.

5. Membuat tabel

Anda bisa menggunakan excel dengan mudah apabila sudah tahu cara membuat tabel dengan excel. Anda hanya perlu isikan angka-angka ke dalam program excel kemudian format jadi bentuk tabel.

Caranya sangat mudah, tinggal di blok datanya lalu ada tombol tambahan di sudut kanan bawah tabel yang sudah diblok, klik tables dan klik table.
Masih ada banyak pemahaman dasar yang perlu dipelajari dan dikuasai.

Jika semuanya sudah dipahami dengan baik, Anda bisa kembangkan lagi dengan tingkat yang lebih tinggi agar kemampuan Anda dalam menggunakan program excel pun jadi lebih berkembang.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya