Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Cara Menyiasati Menu Lebaran yang Monoton

Menjelang lebaran atau Idul Fitri biasanya para ibu rumah tangga sudah sibuk mengurus keperluan dapur dan isi toples. Bicara soal makanan, tentunya setiap keluarga memiliki menu andalan yang selalu disuguhkan saat lebaran tiba. Namun, pernahkah merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja? Jika bosan, Anda perlu menyiasati menu-menu tersebut.

Cara Menyiasati Menu Lebaran yang Monoton

Menyiasati Menu Lebaran agar Tidak Bosan

Tidak menutup kemungkinan jika setiap tahun menghidangkan opor ayam saat lebaran maka tahun ini akan merasa bosan. Ada baiknya melakukan sedikit perombakan terhadap menu-menu tradisi tersebut agar tidak bosan. Berikut beberapa cara untuk menyiasatinya:

1. Ganti Menu

Supaya tahun ini tidak merasa bosan dengan sajian lebaran yang sama setiap tahunnya. Maka tidak ada salahnya untuk ganti menu, tidak perlu terlalu ekstrim namun lakukan perubahan sedikit saja. Misalnya saja jika terbiasa menyajikan menu tradisional seperti opor ayam atau rendang.

Maka bisa diganti dengan menu tradisional lainnya. Sebut saja seperti soto ayam, ayam betutu, ayam taliwang, dan lain sebagainya. Ada baiknya setiap tahun selalu berganti menu tradisional, jika tahun ini sudah soto sapi maka tahun depan bisa rendang atau yang lainnya. Sehingga setiap lebaran selalu memberi kejutan di meja makan.

2. Membuat Sajian yang Lebih Modern

Solusi lain yang bisa dicoba adalah membuat sajian lebaran yang biasa menjadi lebih modern. Misalnya saja mengubah menu rendang daging sapi dengan menu dimsum yang tentu lebih segar dan modern. Bisa pula mengubah menu-menu yang biasa agar tampil modern dengan menu kekinian. Menu modern biasanya lebih banyak disukai karena punya cita rasa ringan dan sangat cocok dipamerkan di akun Instagram.

3. Memberi Sentuhan Berbeda pada Menu Tradisional

Jika memilih bertahan dengan menu tradisional, maka tidak ada salahnya untuk memberi sentuhan yang berbeda. Misalnya saja jika terbiasa menghidangkan sayur lodeh saat lebaran tiba. Ada baiknya tidak hanya menggunakan aneka sayuran ke dalamnya namun juga menambahkan daging, irisan ikan, maupun beberapa butir telur puyuh. Sehingga menu yang tadinya membosankan karena selalu absen setiap tahun bisa tampil lebih segar dan mengundang selera.

4. Ganti dengan Bahan Atau Resep Lebih Sehat

Mencegah kebosanan dengan menu-menu lebaran yang sama setiap tahunnya juga bisa dengan membuat versi lebih sehat. Sebab menu lebaran pada umumnya punya stempel sebagai makanan jahat, karena bisa memicu kegemukan dan peningkatan kadar kolesterol.

Agar stigma ini berubah dan mampu menyajikan menu-menu yang lebih bersahabat bagi kesehatan. Maka bisa membuat versi sehatnya, misalnya saja menu opor ayam yang biasanya berisi semua bagian ayam. Agar lebih sehat bisa memilih isian daging ayam bagian dada saja.

Ada banyak langkah bisa ditempuh untuk membuat menu-menu khas lebaran tidak lagi dicap membosankan. Jadi, silahkan mencoba beberapa atau semua ide di atas.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya