Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Cara Mingrasi Listrik ke Prabayar

Pengguna layanan PLN tentu memiliki kebebasan untuk menentukan apakah memakai sistem tagihan pascabayar atau prabayar. Layanan pascabayar memang sudah mulai ditinggalkan. Bisa karena dianggap kurang praktis dan ada kemungkinan tagihan belum dibayar secara tuntas sehingga muncul denda dan resiko lainnya.

Cara Mingrasi Listrik ke Prabayar

Cara Migrasi dari Listrik Pascabayar Menjadi Prabayar

Jika Anda termasuk orang yang ingin beralih dari pengguna listrik sistem pascabayar ke prabayar. Maka wajib memahami tahapan untuk bermigrasi. Apa saja tahapan tersebut? Berikut penjelasannya:

1. Tahap Pertama

Tahap pertama untuk proses migrasi adalah dengan menyiapkan pelunasan tagihan listrik. Jadi, pastikan tagihan listrik pascabayar tidak ada yang menunggak. Sehingga oleh pihak PLN dipersilahkan untuk melakukan migrasi. Jika belum, maka tagihan yang dimiliki wajib dibayar lunas terlebih dahulu.

2. Tahap Kedua

Tahap kedua adalah menyiapkan dokumen administrasi, yakni KTP asli dan juga fotokopi KTP. KTP ini diperlukan untuk proses peninjauan terhadap ID pelanggan dan nomor KTP dari penanggung jawab ID Pelanggan tersebut. Sehingga siapkan dokumen KTP tersebut untuk memenuhi syarat administrasi terkait penanggung jawab bangunan atau pemilik dari rumah.

Disebutkan juga bahwa KTP penanggung jawab bangunan minimal ada dua, dan kemudian menyediakan materai senilai Rp 6000 sebanyak tiga lembar. Jika persyaratan ini sudah dilengkapi, maka bisa beralih ke tahap berikutnya.

3. Tahap Ketiga

Tahap berikutnya adalah menghubungi pihak PLN untuk pengajuan permintaan nomor ID Pelanggan. Sampaikan maksud Anda dengan menghubungi kontak 123, dan kemudian akan dibantu oleh petugas yang melayani. Anda akan diminta menyiapkan KTP dan materai seperti tahap kedua dan diserahkan ke kantor cabang PLN terdekat.

Jadi, setelah dokumen yang disebutkan di tahap kedua sudah siap maka tinggal mencari alamat kantor PLN terdekat. Pilih hari kerja untuk menyerahkan dokumen tersebut agar segera diproses oleh pihak PLN. Oleh petugas PLN biasanya akan ditanya juga apakah ingin menambah daya sekalian atau tidak.

Jadi, silahkan dipertimbangkan. Apabila hanya ingin bermigrasi dari listrik pascabayar ke prabayar. Maka tinggal disampaikan apa adanya agar tidak dilakukan penambahan daya.

4. Tahap Keempat

Setelah melakukan pendaftaran, maka tahap selanjutnya adalah menunggu verifikasi dan kabar baik dari pihak PLN. Verifikasi ini biasanya informasi mengenai jadwal pemasangan listrik prabayar. Jadi, silahkan menunggu dengan sabar karena proses registrasi sendiri memakan waktu sekitar 15 hari.

Proses ini bisa memakan waktu lebih ketika kondisi sekitar memang kebanyakan masih memakai listrik pascabayar. Sehingga perlu dilakukan instalasi jaringan baru, yang tentu prosesnya lebih lama.

Jika memang memiliki rencana bermigrasi dari listrik pascabayar ke prabayar maka sejumlah tahapan di atas akan dilalui. Supaya lancar dan sesuai harapan maka bisa bersabar mengikuti prosedur yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya