Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Cara Mudah Belajar Menulis untuk Pemula

Memiliki hobi menulis tentu sangat menyenangkan, bukan? Menulis tidak hanya dapat memperkaya ilmu pengetahuan saja tetapi juga menjadi pekerjaan yang dapat menghasilkan banyak uang.

Apalagi sekarang ini teknologi sudah semakin maju dan canggih membuat banyak orang mampu menyalurkan hobi menulisnya menjadi salah satu cara menghasilkan uang.

Tapi menghasilkan uang lewat menulis bukan perkara yang mudah. Anda harus menguasai langkah-langkah menulis agar tulisan dapat dibuat secara maksimal.

Cara Mudah Belajar Menulis untuk Pemula

Langkah-Langkah Menulis untuk Pemula

Jika Anda saat ini baru ingin coba mulai menulis, tentunya Anda harus belajar teknik menulis yang benar terlebih dahulu. Berikut ini ada beberapa teknik menulis untuk pemula yang bisa Anda coba.

1. Mencari topik yang dikuasai

Sebelum menulis, Anda harus ketahui dulu topi apa yang paling Anda kuasai. Jika Anda suka dengan topik tentang kuliner, maka usahakan untuk menulis pada topik tersebut.

Dengan menguasai topik tertentu kemudian membuat tulisan dengan topik tersebut akan membuat Anda lebih cepat menyelesaikan tulisan. Bahkan Anda juga bisa mengulik topik tersebut lebih mendalam lagi.

Contohnya, Anda suka memasak, tentunya Anda akan tertarik dengan topik mengenai resep masakan. Pengalaman yang Anda miliki tentu akan memudahkan proses penulisan jadi lebih cepat dan mendetail.

2. Membuat kerangka tulisan

Kedua, Anda juga harus membuat kerangka tulisan dulu. Kerangka ini akan membantu Anda dalam menyampaikan ide atau gagasan agar penyampaiannya jadi lebih mudah.

Membuat kerangka tulisan akan memudahkan proses penulisan. Jadi Anda tidak mudah bingung atau bahkan malas dalam menulis.

Kerangka tulisan yang dibuat sebelum menulis sangat berguna juga untuk mengumpulkan gagasan atau ide yang ada di otak Anda. Setidaknya dengan kerangka tulisan ini, Anda bisa memperkuat lagi tulisan yang akan dibuat.

3. Mencari data yang sesuai dengan topik

Selain itu, Anda juga perlu mencari data yang sesuai dengan topik yang dibutuhkan agar tulisan yang dibuat semakin kuat dan juga kredibel. Tulisan yang dibuat tentu harus memberikan informasi kepada para pembaca agar memberikan pengetahuan baru kepada mereka.

Ada dua jenis data yang bisa Anda gunakan untuk melengkapi tulisan yang dibuat yakni data primer dan data sekunder. Untuk data primer, Anda bisa mendapatkan data ini dari narasumber secara langsung dengan proses wawancara.

Sementara data sekunder bisa didapatkan dari literatur seperti buku, surat kabar, jurnal online dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Mulai menulis

Jika semua tahapan tadi sudah dilakukan, maka Anda bisa mulai menulis dengan berbekal kerangka tadi. Anda bisa memanfaatkan langkah-langkah tadi agar proses penulisan dapat selesai dengan lebih cepat.

Jika di tengah menulis Anda kehilangan minat, maka Anda harus cari inspirasi atau beristirahat dulu juga boleh. Setelah rileks kembali, baru Anda bisa lanjutkan menulis.

Jadi ada beberapa langkah menulis untuk para pemula yang baru saja ingin memulai menulis . Anda bisa terus belajar dan berlatih agar tulisan yang dibuat semakin bagus nanti.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya