Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Cara Mudah Menginstal Ulang Windows dengan FD

Instal ulang windows, barangkali istilah ini bukanlah suatu hal yang baru. Windows sendiri merupakan komponen penting bagi perangkat komputer maupun laptop. Oleh karena beragam aktivitas, perangkat tersebut tidak jarang mengalami kerusakan yang mengharuskan melakukan instal ulang windows. Lantas bagaimana cara melakukannya?

Sebenarnya cara menginstal ulang windows sangat mudah, diantaranya dapat dilakukan melalui Flashdisk atau FD. Bagi Anda yang memang ingin mengetahui cara instal ulang windows menggunakan FD, mari simak penjelasan langkah-langkahnya berikut.

Cara Mudah Menginstal Ulang Windows dengan FD

1. Pilih Windows yang Ingin Diinstal

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih jenis windows yang ingin diinstal. Saat ini ada beragam produk windows yang ditawarkan. Mulai dari windows XP, windows 7, hingga windows 10 yang paling baru. Tentunya setiap jenis windows tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Pilihlah jenis windows yang dirasa cocok dengan perangkat komputer yang dimiliki.

2. Salin File Windows yang Dipilih ke FD

Langkah kedua untuk menginstal ulang windows dari FD adalah menyalin file windows yang dipilih ke dalam flashdisk. Pastikan Anda memiliki file windows asli yang akan diinstal ke komputer (PC) dan memindahkannya ke dalam flashdisk. Memindahkan file windows ini sendiri dapat dilakukan dengan beragam aplikasi. Tentunya aplikasi-aplikasi tersebut dapat di download dengan mudah melalui internet.

3. Sambungan FD ke PC dan Hidupkan PC

Setelah melakukan dua langkah tadi, maka langkah berikutnya adalah menyambung flashdisk ke PC atau komputer Anda. Pastikan bahwa FD tersambung dengan benar dan mulailah untuk menghidupkan komputer. Jangan cabut flashdisk ketika komputer hidup, sebab Anda akan memerlukannya untuk proses booting hingga penginstalan windows selesai.

4. Masuk Ke Sistem Bios dan Pastikan PC Melakukan Booting dari FD

Langkah keempat yang harus dilakukan adalah masuk ke sistem bios dan pastikan bahwa PC Anda melakukan proses booting dari FD. Ketika PC hidup, segera masuk ke sistem bios, biasanya dengan cara menekan tombol delete. Setelah itu, atur agak PC melakukan proses booting dari FD. Caranya atur posisi flashdisk hingga berada di sisi atas layar bios, kemudian tekan F10 untuk menyimpan hasil pengaturan tersebut.

5. Instal Windows Sesuai Prosedur yang Diberikan

Jika telah selesai melakukan empat langkah tadi, maka langkah berikutnya Anda hanya perlu menginstal ulang windows sesuai dengan prosedurnya. Cara instalnya pun cukup mudah dan dapat dilakukan dengan mandiri di rumah. Jika bingung Anda dapat membaca tutorialnya yang kini banyak dibagikan melalui website secara online.

Itulah tadi beberapa cara untuk menginstal ulang windows melalui flashdisk. Jika mengalami kebuntuan, maka akan lebih baik Anda menyerahkan tugas itu ke jasa instal ulang windows. Hal penting yang perlu diperhatikan saat melakukan instal ulang ini adalah keamanan data yang dimiliki. Banyak orang yang menginginkan data pada disk D tidak ingin terhapus dan Anda pun dapat melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *