Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Definisi Biaya Peluang dan Manfaat Menghitungnya

Kegiatan operasional sebuah perusahaan akan membentuk berbagai jenis biaya, salah satunya adalah biaya peluang. Jenis biaya satu ini memang tidak bisa dipastikan akan muncul setiap bulannya.

Namun secara umum perusahaan yang bergerak di berbagai bidang dijamin memiliki biaya jenis ini. Berikut penjelasan lengkap mengenai biaya peluang tersebut.

Definisi Biaya Peluang dan Manfaat Menghitungnya

Pengertian Biaya Peluang

Biaya peluang merupakan biaya yang timbul dari hilangnya kesempatan karena memenuhi kebutuhan lain yang dimiliki perusahaan. Istilah lain untuk menyebut jenis biaya ini adalah opportunity cost dan juga biaya alternatif.

Biaya peluang ini akan muncul ketika memenuhi kebutuhan perusahaan dengan mengorbankan dulu kebutuhan yang lainnya.

Ada kalanya pula biaya ini terbentuk dari kebijakan kegiatan produksi yang diubah untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan maupun untuk mengontrol biaya.

Sebagai contoh adalah menghentikan produksi minuman agar bisa meningkatkan produksi makanan. Dimana produk makanan ini lebih diminati atau sedang dibutuhkan oleh masyarakat dibanding minuman.

Ciri-Ciri dari Biaya Peluang

Munculnya biaya peluang biasanya terjadi karena perusahaan sedang melakukan efisiensi biaya. Sehingga harus mengorbankan biaya lain untuk memaksimalkan biaya tertentu yang dianggap lebih penting untuk diprioritaskan.

Supaya lebih mengenal biaya peluang ini, maka kenali beberapa ciri-ciri khas yang dimilikinya. Diantaranya adalah:

  • Biaya peluang tidak hanya berhubungan dengan biaya atau dana tunai saja, melainkan bisa berhubungan dengan efisiensi waktu, tenaga, maupun upaya mendapatkan keuntungan di masa mendatang.
  • Memiliki banyak kemungkinan, tergantung pada kondisi sebab setiap alternatif memiliki peluang untuk dipilih perusahaan.
  • Penentuan biaya peluang dipengaruhi oleh kondisi dan juga tujuan dari perusahaan.
  • Biaya peluang biasanya untuk kebutuhan sekunder dan juga tersier bukan primer.

Manfaat Menghitung Besarnya Biaya Peluang

Meskipun biaya peluang tidak selalu muncul dan dikeluarkan oleh perusahaan, namun menghitung biaya ini memberikan berbagai manfaat. Seperti:

1. Meminimalkan Resiko

Memilih untuk menghitung biaya peluang akan membantu menemukan berbagai alternatif dalam kegiatan operasional perusahaan. Sehingga bisa menemukan alternatif yang benar-benar menguntungkan sekaligus minim resiko ketika dijalankan.

2. Membantu Menghitung Kebutuhan Modal

Berbagai alternatif kegiatan perusahaan akan memerlukan modal, dan ketika menghitung besarnya biaya peluang. Anda bisa menentukan kebutuhan modal tersebut lebih awal, sehingga bisa berjalan sesuai dengan rencana.

3. Membantu Menentukan Prioritas

Menghitung biaya peluang juga akan mendapati berbagai alternatif yang menguntungkan sampai kurang menguntungkan. Langkah ini juga akan memberikan informasi mengenai alternatif mana yang perlu diprioritaskan sehingga tidak salah langkah.

4. Menghemat Pengeluaran Perusahaan

Biaya peluang yang sudah dihitung dengan teliti akan membantu menghemat pengeluaran perusahaan. Dikatakan demikian karena akan meminimalkan biaya atau modal sekaligus memaksimalkan keuntungan atau profit perusahaan dari alternatif yang dipilih.

Biaya peluang bisa muncul sewaktu-waktu ketika memang membutuhkan alternatif yang lebih baik. Tidak keliru menghitung nilai biaya satu ini, karena bisa memberi sejumlah manfaat seperti penjelasan di atas.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya