Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Hati-Hati Penipuan Melalui Kode OTP

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, maka ada beragam hal yang dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan tidak terkecuali untuk melakukan penipuan demi mendapatkan keuntungan dengan jalan pintas. Salah satu bentuk penipuan yang saat ini sedang banyak dilakukan adalah penipuan dengan menggunakan kode OTP. Tentunya apabila Anda sampai tertipu, maka akan ada kerugian yang dialami. Oleh sebab itu, agar tidak mengalami kerugian akibat penipuan lewat OTP ini, mari simak beberapa tips untuk menghindarinya berikut ini.

Hati-Hati Penipuan Melalui Kode OTP

Tips Terhindar dari Penipuan OTP

OTP atau One Time Password merupakan sebuah kode rahasia yang memiliki fungsi menjaga keamanan dari sebuah akun. Biasanya kode ini digunakan dalam berbagai sistem aplikasi dan perbankan. Kode OTP sendiri terdiri atas kombinasi angka yang bersifat unik dan memiliki masa aktif selama 5 menit. Ketika seseorang menerima kode OTP dan menginputkannya, maka mereka akan mampu masuk ke dalam akun tersebut. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh onkum penipu untuk meraup keuntungan dari korbannya. Agar tidak terjadi hal demikian, maka perhatikan beberapa tips berikut.

1. Jangan Mudah Percaya Ketika Mendapat Telepon dari “Orang Asing”

Pertama, jangan mudah percaya ketika mendapat telepon dari orang asing. Biasanya pelaku penipuan akan berusaha mengelabui korbannya melalui telepon dan mengatasnamakan aplikasi atau perusahaan tertentu. Selanjutnya mereka akan meminta kode OTP untuk diketik atau dikirimkan kepada mereka. Oleh karenanya, jangan mudah percaya pada telepon tersebut, sebab hal itu merupakan akal-akal dari pelaku untuk menjerat korbannya.

2. Jangan Memberikan Kode OTP Kepada Siapa Pun

Tips selanjutnya adalah jangan memberikan kode OTP kepada siapa saja. Ingatlah bahwa kode OTP merupakan kode yang akan menjaga keamanan akun. Jika diberikan kepada seseorang, maka sudah pasti orang itu akan dapat masuk dalam akun yang dimiliki. Selanjutnya, mereka pun akan melakukan tindak kejahatan melalui akun tersebut. Agar tidak terjadi demikian, maka pastikan bahwa kode OTP tidak diberikan kepada siapa pun, walau mengatasnamakan instansi atau aplikasi terpercaya.

3. Gunakan Kombinasi Password Akun yang Unik

Tips lain yang juga bermanfaat untuk terhindar dari penipuan OTP ini adalah menggunakan kombinasi password akun yang unik. Umumnya kode OTP dikirimkan karena pelaku telah berhasil meretas password. Tentunya password yang mudah diretas adalah password sederhana dan tidak unik. Oleh sebab itu, gunakan kombinasi yang unik ketika akan membuat password akun.

Pastikan beberapa hal tadi diperhatikan dengan benar, sehingga dapat terhindar dari upaya penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab tersebut. Selain itu, sampaikan informasi tersebut kepada orang-orang yang ada di sekitar, agar dapat sama-sama tercegah dari upaya penipuan menggunakan OTP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *