Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Ini Dia Tips Berpuasa selama Wabah Corona

Bulan suci Ramadhan 2020 rasanya bakal berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena adanya wabah corona yang tengah terjadi dan diprediksi belum sirna sepenuhnya saat bulan puasa. Lantas, apakah ada perubahan yang perlu dipersiapkan dan dilakukan ketika berpuasa di tengah pandemi corona?

Ini Dia Tips Berpuasa selama Wabah Corona

Tips Puasa saat Pandemi Corona

Adanya wabah corona yang melanda Indonesia serta berbagai negara lain di dunia memberikan dampak yang luar biasa. Wabah corona yang diprediksi belum berakhir ketika memasuki bulan Ramadhan, pastinya juga menimbulkan sejumlah kekhawatiran. Salah satunya adalah bagaimana menjalankan puasa ketika pandemi corona seperti saat ini.

1. Pentingnya Mendapatkan Asupan Gizi Seimbang

Sebenarnya, berpuasa saat pandemi corona tidaklah membutuhkan persiapan khusus yang mengharuskan seseorang harus begini ataupun begitu. Hanya saja, yang paling penting untuk diperhatikan ketika berpuasa di masa pandemi seperti saat ini adalah asupan gizinya.

Ketika pandemi terjadi maka dianjurkan untuk mendapatkan asupan gizi seimbang yang berguna untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Tentunya, ketika berpuasa di tengah wabah corona, asupan gizi seimbang tersebut juga penting untuk diperhatikan. Adapun adanya perubahan asupan gizi diperlukan hanya ketika tubuh mendapatkan pemicu dari luar bisa berupa luka, infeksi, infeksi virus, ataupun penyakit lainnya.

Apakah perlu mengkonsumsi suplemen vitamin? Hal ini tentu tergantung bagaimana asupan makanan yang dikonsumsi. Bila pola makannya sudah sehat dan dengan asupan gizi seimbang maka asupan vitamin tambahan tidaklah diperlukan. Berbeda dengan ketika kebutuhan tubuh bertambah maka asupan multivitamin akan dibutuhkan.

Jadi, bila tubuh sehat, tidak memiliki luka ataupun infeksi, maka kebutuhan asupan gizinya ketika berpuasa pada masa pandemi akan sama saja dengan asupan ketika tidak berpuasa saat pandemi yaitu dengan makanan gizi seimbang. Hal yang terpenting untuk diperhatikan ketika berpuasa ketika masa pandemi adalah menjaga tubuh supaya tidak terinfeksi.

2. Perhatikan Kebersihan

Selain menjaga asupan dengan makanan bergizi seimbang, hal lain yang juga penting diperhatikan ketika berpuasa di tengah pandemi corona adalah tetap menjaga kebersihan diri. Selama tidak ada keperluan penting atau bekerja, sebaiknya tidak keluar rumah untuk mencegah kemungkinan tertular virus corona baik dari orang-orang yang Anda temui ataupun dari benda-benda yang terkontaminasi virus. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan setidaknya 20 detik.

3. Jangan Lupa Penuhi Cairan Tubuh

Kebutuhan cairan menjadi salah satu hal yang tak boleh dilupakan untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa membuat tubuh terasa lemas, kurang konsentrasi, bahkan bisa menyebabkan pingsan. Selain untuk mencegah dehidrasi, kebutuhan supan cairan ini juga dianjurkan saat pandemi corona seperti saat ini. Ketika tubuh kekurangan cairan maka bisa menyebabkan tenggorokan kering dan terjadi peradangan yang mana ini bisa meningkatkan risiko tertular virus corona. Inilah mengapa penting untuk memenuhi kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka.

Itulah beberapa tips berpuasa selama pandemi corona. Semoga semua diberikan kesehatan dan wabah corona pun lekas berlalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp
Call Now