Menjaga Penggunaan Applikasi Pembayaran Tetap Aman

aplikasi-topup-murah

Hidup di era serba digital seperti ini, memang akan menghadapi pertumbuhan teknologi yang sangat pesat. Melakukan pembayaran online menggunakan applikasi pembayaran sudah menjadi hal biasa. Terbilang sangat efektif dan efisien dalam penggunaanya. Tidak perlu keluar rumah untuk membayar tagihan maupun menarik uang dari ATM untuk membayar barang yang anda beli. Dengan begini kehidupan akan terasa lebih mudah dan lebih menghemat waktu.

Saat ini jumlah transaksi pembayaran online meningkat sangat pesat, terutama di Indonesia. Hal ini juga dipengaruhi oleh wabah pandemi Covid-19 yang menerjang. Dengan terbatasnya kegiatan sosial dan juga aktifitas diluar rumah maka pembayaran online menjadi solusi untuk setiap transaksi pembayaran.

Tips Menjaga Keamanan Dalam Penggunaan Applikasi Pembayaran

Penggunaan applikasi yang sudah menjadi kebiasaan dalam pembayaran online tentunya menawarkan banyak kemudahan. Namun hal ini juga tidak terhindar dari bahaya yang mengintai. Seperti data anda yang bocor, sehingga menyebabkan hilangnya saldo sedangkan anda tidak melakukan transakasi apapun. Berikut ini tips untuk menjaga akun pada applikasi pembayaran anda lebih aman.

Memilih applikasi yang profesional dan terpecaya

Saat ini banyak sekali applikasi pembayaran yang tumbuh dengan pesat. Anda sebagai pengguna harus selektif dalam memilih applikasi mana yang akan digunakan. Pilihlah applikasi yang profesional dan terpecaya. Dapat anda lihat dari ijin yang dikantongi, review, jaminan yang diberikan dan sebagainya untuk menambah kepercayaan anda.

Email yang digunakan harus khusus

Penggunaan applikasi pembayaran pasti menggunakan email untuk setiap transaksinya. Akun email ini dipergunakan untuk newsletter maunpun informasi mengenai akun anda. Penggunaan email sangat rentan peretasan. Sehingga lebih baik anda menggunakan email yang berbeda dengan email yang anda gunakan untuk kebutuhan lain. Misalnya akun email yang digunakan untuk belanja maupun bekerja harus lain dengan akun yang digunakan pada applikasi pembayaran. Tujuannya jika ada akun yang bermasalah maka msaih ada data penting yang dapat terselamatkan.

Jaga selalu kerahasiaan data

Menjaga kerahasiaan data sangatlah penting dan wajib dilakukan. Data yang ada memiliki peluang yang sangat besar untuk dipersalahgunakan oleh orang lain. Seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), alamat tempat tinggal, tempat tanggal lahir, nomor telpon, email dan sebagainya. Jaga betul-betul data tersebut. Apabila terdapat transakasi yang meminta data tersebut pasti dari pihak yang benar-benar profesional dan bertanggung jawab.

Selain data tersebut yang harus dijaga, ada kode pin atau kata sandi serta kode verifikasi yang diberikan oleh applikasi pembayaran. Jangan berikan data ini kepada siapapun, karena sangat rawan peretasan.

Ubah kata sandi secara berkala

Tahapan ini sangatlah penting untuk menjaga akun anda. Walaupun terdengar sederhana, namun akan sangat bermanfaat. Terutama ketika menggunakan internet umum, usahakan setelah selesai segera mengganti sandi anda. Kebanyakan peretas akan menggunakan kata sandi jika tugas yang dilakukan sebelumnya telah gagal.

Dalam melakukan transaksi lakukan pengecekan beberapa kali

Berikutnya yang harus dilakukan pengecekan yang berlapis setiap transaksi. Pastikan semua aman dan sesuai dengan data. Jika data yang anda masukkan dirasa cukup maka anda dapat melakukan transaksi. Namun sebelu itu pastikan juga bahwa testimoni pelanggan selalu positif dan puas terhadap pelayanan applikasi pembayaran yang anda pilih.

Respon komunikasi dengan pihak ketiga dengan bijak

Sebagai seorang penipu pasti akan melakukan berbagai cara untuk melakukan aksinya. Tidak jarang mereka juga memanfaatkan applikasi pembayan untuk menipu. Salah satu cara yang biasa digunakan yaitu penawaran melalui email, panggilan maupun memalui pesan langsung. Anda harus berhati-hati dalam menjalin komunikasi dengan pihak asing. Pastikan anda tidak memberikan informasi apapun mengenai data anda.

Untuk email, jangan sembarangan untuk membuka tautan yang mereka berikan. Karena cara itu dapat mereka gunakan untuk mengambil data anda dan melakukan peretasan terhadap akun anda. Untuk panggilan telpon, jika nomor yang tertera tidak anda kenal lebih baik diabaikan saja.

Standart Keamanan Untuk Pembayaran Online

Tentunya terdapat standart keamanan untuk setiap applikasi pembayaran. Dengan mengetahui standart ini diharapkan anda lebih bijak dalam memilih applikasi yang akan digunakan. Berikut dua standart keamanan yang wajib dipatuhi:

  • Memiliki Fraud Detection System, atau Sistem Pendeteksi Penipuan. Sistem ini bertugas untuk penyaring dini dalam pembayaran online. Tugasnya menganalisa transaksi apakah sebaiknya dilanjutkan atau digagalkan.
  • Memiliki sertifikat PCI-DSS Level, kepemilikan sertifikat ini sangat utama. PCI-DSS adalah standar internasional dalam audit transaksi online.

Jika langkah-langkah diatas sudah anda jalankan, kemungkinan data anda diretas cukup minim. Transaksi yang dilakukan akan aman dan lebih terjamin. Dengan begitu kegiatan menggunakan applikasi pembayaran akan terasa lebih nyaman dan sangat memudahkan kehidupan anda.

Wijaya Komunika merupakan applikasi pembayaran yang aman dan memiliki fitur yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan anda dijaman digital ini. Seperti membayar tagihan, pembelian pulsa & data seluler semua operator dan sebagainya. Wijaya komunika juga bisa menjadi partner bisnis untuk anda dengan keuntungan yang menjanjikan.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya
Butuh bantuan?