Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Kesalahan yang Sering Dilakukan Pelaku Bisnis Online

Tak dapat dipungkiri bahwa bisnis online makin hari makin menjamur. Produk ataupun jasa yang ditawarkan dalam bisnis online pun semakin beragam. Dengan semakin meningkatnya pengguna internet, melakukan penjualan dengan sistem online memang dinilai jauh lebih menguntungkan.

Bisnis ini diyakini lebih hemat tenaga, waktu, dan biaya. Apalagi semua transaksi dilakukan secara online sehingga lebih cepat dan mudah. Meski demikian, ternyata ada kesalahan yang sering terjadi dalam bisnis online. Anda sebaiknya memahami kesalahan dalam bisnis online berikut ini untuk mencegah terjadinya kegagalan bahkan kebangkrutan terhadap bisnis online yang Anda jalankan.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Pelaku Bisnis Online

Hal yang Wajib Dihindari Saat Menjalankan Bisnis Online

1. Tidak Konsisten terhadap Rencana Bisnisnya

Tentunya, saat membangun bisnis apapun pastinya harus memiliki perencanaan yang baik dan matang supaya bisnis tersebut berjalan dengan baik, termasuk saat menjalankan bisnis online. Namun, ternyata banyak pelaku bisnis online yang tidak konsisten terhadap rencana yang disusun. Ketidakkonsistenan ini nyatanya cukup berimbas pada bisnis yang dijalankan. Salah satunya adalah bisnis online yang dikelola menjadi tertinggal dalam persaingan bisnis yang semakin ketat.

2. Salah dalam Membuat Strategi

Kesalahan lain yang sering terjadi dalam bisnis online adalah pembuatan strategi yang tidak tepat. Misalnya, salah dalam memilih media online untuk pemasaran. Kesalahan dalam pemilihan media online untuk melakukan pemasaran pastinya berdampak terhadap kurangnya ketertarikan konsumen. Tentu, hal ini berimbas pada kurangnya penjualan produk.

3. Malas Mengelola Media Online

Ketika menjalankan bisnis online, pengelolaan media online pastinya jadi hal yang penting untuk diperhatikan terutama terkait masalah pemasaran. Namun, masih banyak pelaku bisnis online yang rupanya kurang dalam mengelola media online seperti kurang memperhatikan konten yang ditampilkan sehingga konsumen menjadi kurang tertarik untuk mampir, bahkan memilih untuk belanja di tempat lainnya.

4. Malas Belajar dari Banyak Sumber

Menjalankan bisnis online tentu harus siap untuk terus mengikuti perkembangan teknologi yang pastinya selalu berkembang dari waktu ke waktu. Tentunya, hal ini mengharuskan pelaku bisnis online mau untuk belajar dari banyak sumber.

Meski demikian, tak sedikit pelaku bisnis online yang kurang bersemangat mengikuti perkembangan karena merasa nyaman mengandalkan salah satu media online. bila hal ini terus dilakukan, bukan tak menutup kemungkinan bisnis online yang dijalankan akan ketinggalan dari para kompetitor.

5. Tidak Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Baik dalam berbisnis online maupun offline, menjaga baik hubungan dengan konsumen jadi hal yang penting untuk diperhatikan. Apalagi, dalam bisnis online, komunikasi menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kepercayaan dan kepuasan konsumen.

Meski transaksi telah selesai, ada baiknya bila pelaku bisnis online tetap menjaga hubungan baik dengan konsumen sehingga nantinya konsumen merasa tak ragu lagi untuk melakukan pembelian kembali karena merasa nyaman. Tentu komunikasi yang terjalin haruslah komunikasi yang sehat.

Dengan mengetahui beberapa kesalahan yang sering dilakukan pelaku bisnis online, ini pastinya akan membuat Anda lebih berhati-hati supaya bisa menghindari kesalahan tersebut. Bila kesalahan tersebut sudah pernah dilakukan maka melakukan perbaikan akan sangat membantu supaya bisnis online bisa berkembang dengan baik di antara para pesaing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp ( Free Konsultasi )
Call Now