Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Lakukan Hal Ini Agar Terhindar dari Krisis Saat Berbisnis

Krisis adalah salah satu momok yang paling ditakuti oleh para pelaku bisnis. Tak sedikit bisnis yang dijalankan terpaksa hancur karena tak mampu melewati krisis yang melanda.

Krisis dapat muncul dari beberapa hal seperti inflasi, ekonomi yang tidak stabil, dan kebijakan pemerintah. Oleh karena itu setiap pelaku bisnis dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi agar terhindar dari krisis.

Lakukan Hal Ini Agar Terhindar dari Krisis Saat Berbisnis
ide usaha saat krisis ekonomi melanda

Tips Supaya Terhindar Dari Krisis Dalam Berbisnis

Sekarang ini Kondisi perekonomian global yang semakin tak menentu semakin mengancam perilaku bisnis yang ada di Indonesia.

Agar terhindar dari krisis saat berbisnis, ini adalah tips efektif yang dapat dilakukan agar terhindar krisis dalam berbisnis.

1. Perencanaan keuangan

Keuangan adalah permasalahan umum yang sering dialami oleh pelaku bisnis. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk menghindari krisis keuangan adalah dengan membuat perencanaan keuangan yang baik.

Gunakan rekening khusus untuk menyimpan keuntungan bisnis dan catat semua pemasukan/pengeluaran melalui sebuah laporan keuangan.

2. Efisiensi sumber daya manusia

SDM perlu benar-benar dioptimalkan agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Gunakan tenaga secukupnya dan sesuaikan dengan kemampuan bisnis anda.

Buat sebuah catatan mengenai kinerja SDM dan berikan ulasan rutin setiap bulannya. Jika ditemukan tenaga yang tidak lagi produktif maka gantilah dengan tenaga yang mampu meningkatkan produktivitas bagi bisnis anda.

3. Menghindari penjualan kredit

Penjualan secara kredit memang akan menghasilkan omset yang besar dalam waktu singkat, namun dalam kondisi tertentu anda akan mengalami kesulitan dalam melakukan operasional karena keuangan yang terbatas.

Oleh karena itu bagi anda yang baru memulai bisnis barunya dan belum memilikisistem keuangan yang matang utamakan penjualan tunai.

4. Merubah strategi

Ketatnya persaingan pasar membuat bisnis semakin sulit mencari konsumen. Jika bisnis yang anda tekuni berada pada posisi stuck, perlu kiranya membuat strategi baru.

Buatlah strategi pemasaran unik dan berbeda sehingga konsumen tertarik pada produk yang jual. Berikan diskon dan penawaran spesial pada konsumen yang menarik.

5. Periksalah penjualan

Hasil penjualan produk perlu dibuat laporan sehingga diketahui margin dan profit yang diperoleh.

Buatlah laporan penjualan secara rutin dalam periode waktu tertentu. Bisnis yang berhasil adalah bisnis yang memiliki margin positif dan profit yang terus meningkat.

Jika terjadi kejanggalan pada margin dan profit perlu dilakukan evaluasi ulang pada strategi pemasaran yang dijalankan.

Krisis yang sedang atau yang akan terjadi sebaiknya jangan membuat Anda panik sehingga membuat keputusan yang gegabah. Sebagai pebisnis, Anda dipaksa terbiasa dengan hal-hal yang terjadi diluar rencana. Namun, tentu saja tidak ada masalah, tanpa solusi. Adanya persoalan atau masalah justru menjadikan Anda serta bisnis Anda menjadi lebih tangguh. Tetap semangat!

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya