Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Langkah Sebelum Mengambil Keputusan dalam Bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda akan selalu dihadapkan dengan beberapa pilihan sulit. Walaupun begitu, sebagai pelaku bisnis Anda tetap harus memberikan keputusan yang tepat dengan waktu yang singkat.

Jika Anda ingin mengambil keputusan bisnis dalam waktu yang singkat, maka ada beberapa langkah yang perlu dilakukan.

Karena ini penting mengingat para pelaku bisnis tidak bisa mengambil keputusan dengan mudah tanpa memiliki pertimbangan tertentu.

Langkah Sebelum Mengambil Keputusan dalam Bisnis

Langkah Mengambil Keputusan dalam Bisnis

Sebelum mengambil keputusan dalam bisnis, maka Anda perlu melakukan beberapa langkah terlebih dahulu dimana ini penting dan bisa dijadikan tambahan ilmu untuk Anda.

1. Identifikasi masalah

Hal penting sebelum mengambil keputusan adalah melakukan identifikasi masalah pada bisnis yang butuh penyelesaian atau diputuskan penyelesaiannya.

Jika Anda melakukan kesalahan dalam mengidentifikasi masalah, tentu ini akan berpengaruh terhadap keputusan yang akan diambil nanti.

Sebelum pengambilan keputusan dilakukan, penting untuk Anda agar dapat mengidentifikasi akar dari masalah yang ada. Tidak hanya dampak dari akar tersebut saja.

Misalnya, pada bisnis Anda terjadi masalah berupa tingkat penjualan yang menurun. Penurunan pada tingkat penjualan bukanlah akar dari masalah tetapi dampak dari akar masalah tersebut.

Setelah melakukan identifikasi masalah, Anda menemukan terjadinya penurunan penjualan dikarenakan perubahan tren di Indonesia. Inilah yang disebut sebagai akar masalah dari bisnis Anda.

2. Mengumpulkan informasi

Jika Anad sudah tahu apa yang menjadi akar permasalahan bisnis Anda, maka mulailah untuk mengumpulkan informasi baik secara langsung maupun tidak langsung.

Ini penting karena dapat memudahkan Anda dalam pengambilan keputusan bisnis.

Dalam proses pengumpulan informasi, Anda tidak boleh melakukannya setengah-setengah. Anda harus mengumpulkan informasi lebih mendalam dan mendetail.

Ini dapat membantu Anda terhindar dari pengambilan keputusan yang salah karena informasi yang menjadi acuan tidak lengkap.

Contohnya saja saat penjualan Anda menurun karena terjadi perubahan tren, Anda perlu cari informasi yang akan membantu Anda dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Informasi yang diperlukan harus mendetail dan Anda juga harus tahu mengapa tren tersebut mengalami perubahan dan ke arah mana perubahan tersebut dilakukan.

3. Memprediksi kelangsungan bisnis di masa depan

Setelah mendapatkan informasi-informasi yang dapat membantu pengambilan keputusan, tugas Anda sekarang adalah memprediksi kelangsungan bisnis Anda di masa depan.

Dengan prediksi tersebut, Anda bisa mengambil keputusan untuk bisnis Anda. Misalnya Anda memprediksi jika perubahan selera terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Anda harus bisa pikirkan produk apa yang akan dijual atau bisa dengan memodif usaha Anda.

4. Membuat alternatif keputusan

Jika Anda sudah selesai melakukan ketiga hal tadi, maka Anda sudah siap membuat keputusan untuk bisnis Anda. Sebelum keputusan diambil, sebaiknya buat list keputusan yang akan diambil nanti.

Ini penting sebab apabila pilihan hanya ada satu, artinya Anda tidak memiliki pilihan yang lain. Jadi sebaiknya buat alternatif keputusan agar memudahkan Anda pada saat pengambilan keputusan dilakukan.

Sebagai seorang pebisnis, langkah-langkah sebelum mengambil keputusan di atas perlu dilakukan.

Karena meski keputusan harus dilakukan dalam waktu yang cepat, pebisnis harus tetap mempertimbangkan banyak hal agar keputusan yang diambil tepat dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya