Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Masker Mahal? Ayo Bikin Sendiri dengan 3 Langkah Berikut!

Masker pada dasarnya merupakan salah satu benda yang begitu banyak diincar ketika merebaknya wabah corona. Jika pada keadaan normal, masker dapat ditemukan dengan mudah (baik di apotek maupun di toko lainnya), namun kini keberadaannya cukup terbilang sulit. Bahkan jika ada, maka harga jual yang diberikan terbilang mahal dari harga biasanya. Mengingat pentingnya penggunaan masker, mari kita belajar untuk membuat masker secara mandiri. Perhatikan informasi selengkapnya berikut ini.

Masker Mahal Ayo Bikin Sendiri dengan 3 Langkah Berikut!

Langkah Mudah Membuat Masker Sendiri di Rumah

Masker digunakan sebagai salah satu langkah antisipasi penularan Covid-19 atau virus corona. Biasanya masyarakat akan menggunakan masker sekali pakai yang dapat dibeli di apotek maupun di toko-toko lainnya. Akan tetapi sejak terjadi kelangkaan masker, maka harga jual masker pun melonjak. Sebagai solusinya, kita dapat mencoba membuat masker sendiri. Selain mudah, masker yang dihasilkan pun cukup bagus dan dapat disesuaikan dengan selera. Bagaimana cara membuatnya? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Membuat Masker dari Bahan Tisu Basah

Masker pertama yang dibuat dapat berasal dari bahan tisu basah. Tentunya jenis bahan satu ini cukup familiar dan mudah didapat. Agar dapat menjadi masker, tisu perlu dilipat menjadi persegi panjang terlebih dahulu. Setelah itu, bagian ujung tisu dilipat dan dilubangi sebagai pengait pada kuping. Cukup mudah bukan?

2. Membuat Masker dari Bahan Kain Perca

Masker selanjutnya yang juga dapat dibuat di rumah adalah masker yang berasal dari bahan kain perca. Kain perca sendiri merupakan jenis bahan yang umum dimanfaatkan untuk membuat berbagai benda. Jika ingin menjadikan kain perca sebagai masker, maka pola kain tersebut berbentuk persegi (sesuaikan ukurannya). Selanjutnya gunakan kain filter untuk digunakan pada lapisan tengah masker, setelah itu dilanjutkan dengan kain perca kembali pada bagian akhir (sehingga ada tiga lapisan kain yang dibuat). Jahit agar masing-masing kain terdekat dengan sempurna dan buat pula tali dari kain tersebut agar dapat dikaitkan ke telinga.

3. Membuat Masker dari Bahan Kertas Dapur

Masker ketiga juga dapat dibuat dari bahan kertas dapur. Cara ketiga cukup mudah dan dapat dilakukan dengan cepat. Caranya, cukup bentuk ketas dapur menjadi persegi panjang (seperti bentuk masker pada umumnya). Selanjutnya gunakan karet gelang sebagai pengait ke telinga (sesuaikan panjang karet gelang agar tidak terlalu ketat ke telinga).

Apabila diperhatikan maka beberapa bentuk masker di atas dapat dibuat dengan mudah. Selain itu, bahan untuk membuatnya pun dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk mengajak orang-orang di sekitar untuk sama-sama mencoba membuat beberapa jenis masker tadi. Sehingga kita semua dapat terhindar dari penularan virus corona. Demikianlah, semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *