Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Mengapa Butuh Konsultan untuk Dapatkan Sertifikat ISO?

Sertifikat ISO dapat menjadi kunci masuk bagi sebuah perusahaan ke dalam pasar global. Calon investor dan customer akan lebih mempercayai penawaran bisnis yang diberikan karena ada jaminan bahwa sistem manajemennya kredibel dan bermutu tinggi. Maka dari itu, mereka tidak akan ragu untuk menginvestasikan dana pada produk maupun jasa yang dipasarkan.

Bagi Anda yang menginginkan usahanya berkembang menjangkau lebih luas, maka jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti program sertifikasi ISO. Untuk sebuah organisasi berupa perusahaan, sertifikat ISO yang diperlukan yaitu ISO 9001. Tujuannya yaitu membuktikan bahwa bisnis yang Anda kerjakan memiliki manajemen pengelolaan yang baik atau well-organized.

Mengapa Butuh Konsultan untuk Dapatkan Sertifikat ISO

Langkah-langkah Penilaian Standar ISO

Untuk memperoleh penilaian standar ISO tersebut, maka Anda perlu melalui langkah-langkah berikut:

  • Menerapkan sistem manajemen mutu sesuai standar ISO 9001 minimal selama tiga bulan
  • Dinyatakan lulus saat audit sertifikasi

Sertifikat ISO akan diberikan oleh badan sertifikasi hanya jika perusahaan telah lulus audit. Tetapi, sebelumnya, perusahaan harus telah melaksanakan sistem manajemen sesuai dengan standar ISO itu sendiri, sekurang-kurangnya tiga bulan. Setelah itu, Anda bisa mengajukan diri untuk menjalani audit, dengan mengirimkan beberapa dokumen sebagai persyaratan, di antaranya:

  • Pedoman mutu
  • Kebijakan mutu
  • Sasaran mutu
  • 6 prosedur wajib
  • Prosedur kerja departemen atau bagian
  • Bukti pelaksanaan internal audit dan rapat tinjauan manajemen

Apakah dengan mengirimkan dokumen-dokumen tersebut di atas, maka perusahaan Anda akan dengan mudah lolos audit? Tentu saja tidak.

Ada beragam faktor yang dinilai untuk sebuah perusahaan atau bisnis bisa dinyatakan telah lolos uji sertifikasi sesuai standarisasi internasional. Hal ini dikarenakan setiap keputusan yang dikeluarkan badan sertifikasi ISO menyangkut masyarakat seluruh dunia. Maka dari itu, kesetaraan mutu haruslah disesuaikan dengan standarisasi yang dianut oleh masing-masing negara.

Mengingat proses untuk memperoleh sertifikat ISO, maka diperlukan jasa konsultan. Tugasnya yaitu membimbing perusahaan selangkah demi selangkah untuk dapat berhasil lolos uji audit. Selain itu, konsultan ISO juga bertanggung jawab pada pemberian pengetahuan mengenai penerapan poin-poin dalam ISO 9001 agar sistem manajemen dalam perusahaan dapat sesuai dengan standar internasional.

Apakah memperoleh sertifikat ISO adalah pencapaian akhir sebuah perusahaan? Ternyata tidak. Sertifikasi hanyalah sebuah kunci atau bisa disebut juga anak tangga yang harus dipakai demi menggapai kesuksesan tertinggi.

Perusahaan harus bisa mempertahankan prestasi ini dengan terus menerapkan sistem manajemen yang bermutu. Disini pula nantinya jasa konsultan masih dibutuhkan, untuk menghindari perselisihan antara departemen, kurangnya pengetahuan karyawan dan tidak komitmennya seorang atasan pada sistem standarisasi ISO.

Mengingat pentingnya tugas konsultan ISO, maka pastikan Anda menggunakan jasa yang dapat dipercaya. Konsultan yang baik tidak hanya mampu mempresentasikan kinerjanya di depan pimpinan perusahaan, tetapi juga dapat memberikan pelatihan dan sosialisasi tentang penerapan sistem manajemen standar ISO kepada seluruh komponen perusahaan terutama para karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *