Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Mengenal Penerjemah Tersumpah dan Tips Memilihnya

Saat menjelajahi internet dengan mesin pencari favorit, tentunya akan menemukan banyak referensi artikel. Beberapa artikel ini berasal dari website dalam negeri yang tentu menggunakan bahasa ibu yakni bahasa Indonesia. Namun ada kalanya berasal dari website luar negeri, yang tentu perlu diterjemahkan dulu isinya agar bisa memahami materi yang tertulis di dalamnya.

Mengenal Penerjemah Tersumpah dan Tips Memilihnya

Apa Itu Penerjemah Tersumpah?

Bicara mengenai bahasa asing yang berasal dari berbagai negara di dunia, maka akan dekat dengan profesi jasa penerjemah. Selama ini jasa penerjemah diketahui menyediakan jasa untuk menerjemahkan buku dari bahasa asing ke bahasa Indonesia. Namun, penerjemah ini kemudian terus berkembang dan muncul penerjemah tersumpah. Apa itu?

Penerjemah tersumpah adalah mereka yang sudah berhasil lulus ujian kualifikasi penerjemahan yang diselenggarakan oleh suatu lembaga resmi dan mendapatkan nilai A dan nilai dalam angka minimal adalah 80.

Adapun lembaga resmi yang menyelenggearakan ujian kualifikasi penerjemahan tersebut cukup beragam. Paling umum di Indonesia adalah universitas terkemuka dan terakreditasi A, salah satunya Universitas Indonesia.

Selain itu, penerjemah tersumpah juga memiliki sertifikasi penerjemahan yang diterbitkan oleh HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia). Kelulusan dari kualifikasi lembaga-lembaga resmi penyelenggara ujian penerjemahan tersebut kemudian membuat mereka yang lulus mendapatkan pengukuhan dan melakukan sumpah di hadapan Gubernur.

Bedanya dengan Penerjemah Konvensional

Lalu apa perbedaan antara penerjemah tersumpah dengan penerjemah konvensional atau reguler? Perbedaan utama adalah pada bidang yang diterjemahkan, pada penerjemah tersumpah biasanya menerjemahkan dokumen atau sesuatu yang berhubungan erat dengan legalitas.

Misalnya menerjemahkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kedutaan dan dokumen perusahaan luar negeri. Sementara penerjemah reguler menerjemahkan sesuatu yang tidak berhubungan dengan legalitas. Misalnya menerjemahkan buku, film asing, dan lain sebagainya.

Pemilihan Jasa Penerjemah Tersumpah

Pada saat membutuhkan jasa penerjemah tersumpah, maka perlu paham bagaimana memilih jasa yang tepat. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

1. Sertifikasi Penerjemah

Pastikan jasa penerjemah tersumpah yang dipilih sudah memiliki sertifikasi yang sesuai dan terakreditasi.

2. Standar Operasional

Pilih jasa penerjemah tersumpah yang standar operasionalnya jelas dan profesional, sehingga terlihat dari sistem kerja yang rapi dan efisien sekaligus menghasilkan terjemahan yang berkualitas.

3. Layanan Bahasa

Cek kembali layanan bahasa yang disediakan, yakni sesuai dengan industri yang ditekuni. Yakni dengan memastikan jasa tersebut punya pengalaman menerjemahkan di bidang industri yang sama.

4. Cakupan Pelayanan

Utamakan jasa penerjemah tersumpah yang menyediakan layanan yang luas atau beragam, sehingga cukup dengan satu jasa maka berbagai kebutuhan bisa terpenuhi.

5. Testimoni

Cari tahu testimoni dari berbagai perusahaan yang sudah memakai jasa penerjemah tersumpah tersebut. Jika ulasannya bagus maka bisa memakai jasanya.

6. Harga

Pastikan urusan harga tidak ambigu, maksudnya pihak jasa tersebut sudah menetapkan biaya jasa yang jelas dan transparan tanpa ada kemungkinan biaya-biaya tambahan yang merugikan.

Melalui tips-tips di atas maka dalam pemilihan jasa penerjemah tersumpah dijamin tidak mengecewakan. Sebab sudah memilih jasa terbaik.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya