Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Menu Bernutrisi Untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru di Tengah Corona

Saat ini semua orang berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga diri dari penyebaran wabah virus corona. Segala bentuk hand sanitizer dan masker telah terjual laris sebagai alat pelindung diri. Mereka juga menerapkan physical distancing untuk menjaga kontak dan menghindari kerumunan banyak orang.

Vitamin dan suplemen juga banyak diburu guna menambah imunitas tubuh. Namun mereka lupa, vitamin dan imunitas terbaik adalah berasal dari makanan yang dikonsumsi. Apa saja makanan sehat bernutrisi yang mampu menjaga kesehatan paru-paru di tengah pandemi ini?

Menu Bernutrisi Untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru di Tengah Corona

5 Menu Sehat untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

1. Sayuran Hijau

Nutrisi dari sayuran hijau sangat dibutuhkan oleh kesehatan paru-paru seperti pasa bayam dan kangkung. Hal itu dikarenakan sayuran hijau mengandung antioksidan, serat, vitamin, dan juga mineral.

2. Apel

Buah berwarna merah dan hijau ini bagus untuk kesehatan pada umumnya. Namun ternyata mengkonsumsi apel setiap hari juga akan menjauhkan kita dari virus corona. Ini semua karena buah apel mengandung banyak phytochemical yang bersifat mengurangi stres oksidatif dan peradangan. Pada akhirnya zat ini akan meningkatkan fungsi paru-paru.

Selain itu kandungan asam fenolik dan flavonoidnya berfungsi untuk menurunkan peradangan paru-paru yang biasa terjadi pada penderita asma. Vitamin C-nya juga bagus untuk memerangi penyakit paru-paru dengan efektif.

3. Bawang Putih

Belakangan bawang putih juga santer disebut masyarakat untuk menangkal virus corona. Bawang putih pada dasarnya memiliki antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang tinggi. Kedua zat ini membantu manusia melindungi paru-paru dari stres oksidatif. Bahkan dikatakan bahwa bawang putih juga berkhasiat dalam menurunkan resiko kanker paru-paru di waktu mendatang.

Agen antibiotik dalam bawang putih juga sangat kuat dalam mengatasi masalah infeksi pernafasan yang menyebabkan penyumbatan dalam paru-paru. Sedangkan senyawa allicin-nya bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker paru-paru, asma, dan peradangan.

4. Teh Hijau

Teh hijau yang hangat sangat menenangkan dan merupakan pilihan yang tepat untuk menekan pertumbuhan sel kanker paru-paru. Zat polifenol dan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau yang menyebabkan teh ini berkhasiat tinggi dalam kesehatan. Mengkonsumsi teh hijau dengan teratur akan mengurangi resiko penyakit paru obstruktif yang kronis. Teh hijau juga bermanfaat untuk melonggarkan lendir dari lapisan paru-paru sehingga mengurangi cairan dari paru-paru.

5. Salmon

Salmon diketahui mempunyai sumber asam lemak Omega-3 dan juga anti-inflamasi yang mampu menjaga kesehatan paru-paru. Selain itu salmon kaya akan selenium, yakni mineral yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Mineral ini selanjutnya berfungsi untuk mejaga jaringan tubuh dari kerusakan sel, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan hormon tiroid, juga menurunkan resiko radang sendi. Omega 3 dalam salmon juga sangat efektif dalam melawan infeksi bakteri dan mengurangi peradangan pada penderita paru-paru.

Paru-paru merupakan organ yang sangat penting bagi manusia karena terkait dengan sistem pernafasan. Tanpa pernafasan manusia akan mati karena tidak ada oksigen yang masuk ke dalam tubuh untuk dialirkan dalam darah dan jantung. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk menjaga paru-paru, terlebih saat masih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *