Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Pengaruh Loyalitas Konsumen dalam Persaingan Bisnis

Ingin bisnis berjalan mulus dan sukses di kemudian hari? Kuncinya adalah mendapatkan pelanggan loyal sebanyak mungkin. Mendapatkannya bisa dengan menjaga dan meningkatkan kualitas produk maupun layanan. Semakin puas konsumen yang dilayani semakin besar peluang mereka berubah menjadi konsumen loyal, keuntungannya sangat banyak.

Pengaruh Loyalitas Konsumen dalam Persaingan Bisnis

Keuntungan Punya Konsumen yang Loyal

Konsumen loyal memiliki efek signifikan pada progress sebuah bisnis, tidak peduli apapun bidang bisnis tersebut. Mengapa? Sebab dengan adanya konsumen loyal bahkan banyak maka keuntungan berikut bisa dikantongi:

  1. Membantu Mengurangi Biaya Promosi

Biaya besar dalam kegiatan bisnis adalah promosi, karena belum bisa berjualan pun seorang pebisnis rela kehilangan modal puluhan sampai ratusan juta. Sekedar untuk promosi dan hasilnya belum tentu efektif mendatangkan pelanggan baru. Namun jika sudah punya konsumen loyal maka biaya promosi bisa dikurangi. Sebab konsumen loyal akan selalu belanja dan tidak pusing mencari konsumen baru.

  1. Berjalannya Promosi dari Mulut ke Mulut

Ingin tahu promosi yang sangat efektif? Yakni promosi dari mulut ke mulut, atau promosi dari konsumen loyal ke calon konsumen. Jika punya konsumen yang puas dan loyal maka mereka akan ikut mempromosikan produk atau jasa Anda. sehingga promosi dari mulut ke mulut dapat berjalan, tanpa biaya, dan lebih efektif.

  1. Closing Lebih Cepat

Konsumen loyal tidak butuh negosiasi yang lama dan panjang untuk melakukan closing, sehingga mempercepat proses transaksi. Berjualan pun terasa lebih mudah, hemat tenaga, dan juga waktu. Dibandingkan berupaya meyakinkan konsumen baru untuk closing, jadi usahakan selalu mendapatkan konsumen loyal

  1. Produk Lain Akan Ikut Laku

Konsumen loyal akan tertarik untuk membeli produk atau jasa lain yang disediakan, ketika puas dengan produk yang pertama dibeli. Sehingga kesempatan untuk mengeluarkan produk lain terbuka lebih lebar. Bahkan tanpa perlu promosi sekalipun karena konsumen loyal akan selalu penasaran dengan produk dan jasa lain yang ditawarkan.

  1. Mencegah Produk Rusak

Tidak semua produk bisa bertahan lama, seperti produk berupa makanan dan juga minuman. Adanya konsumen loyal membuat perputaran stok barang lebih cepat sehingga tidak ada produk yang rusak ataupun melebihi tanggal kadaluarsa. Tak perlu membanting harga saat masa pakainya hampir habis yang berbuntut kerugian. Jadi usahakan punya konsumen loyal, semakin banyak maka semakin bagus.

Konsumen loyal memiliki efek besar untuk kesuksesan sebuah bisnis, maka pastikan menyediakan produk yang berkualitas. Sebuah bisnis tidak akan mudah berkembang tanpa kualitas produk dan layanan. Bahkan jika harganya mahal sekalipun asalkan mutunya memuaskan dijamin laku keras dan punya banyak konsumen loyal. Jadi, jangan ragu memberikan layanan maksimal pada konsumen supaya menjadi loyal dan mendatangkan keuntungan menarik di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *