Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Pengertian External Financing dan Sumbernya

Modal atau dana menjadi bahan bakar bagi sebuah bisnis untuk dapat berjalan dengan semestinya. Ketika bisnis mendapatkan sokongan dana yang jumlahnya sesuai kebutuhan maka akan lebih mudah berkembang dan menghasilkan profit.

Ada kalanya kebutuhan dana ini tidak bisa dipenuhi dari pihak internal, sehingga mencari dana eksternal yang dikenal dengan istilah external financing.

Pengertian External Financing dan Sumbernya

Apa Itu External Financing?

External financing merupakan jenis pendanaan yang berasal dari pihak luar perusahaan atau bisnis. Melalui dana eksternal ini maka sebuah perusahaan memiliki kesempatan lebih besar untuk berkembang.

Sebab jika mengandalkan dana internal saja maka ada kemungkinan perusahaan stagnan, begitupun dengan profit yang didapatkan.

Selain itu umumnya sebuah perusahaan yang mencari external financing akan memanfaatkannya untuk jangka panjang.

Sehingga pembiayaan ini membutuhkan dana yang jumlahnya tidak sedikit namun memberi manfaat dalam jangka panjang.

Misalnya saja untuk keperluan ekspansi atau pengembangan perusahaan, sehingga dana yang dibutuhkan besar namun hasilnya juga akan berkembang di masa mendatang.

Berbagai Sumber External Financing

Sedangkan untuk sumber dari dana external financing memang terdapat sejumlah pilihan, perusahaan bisa mengambil salah satu atau beberapa diantaranya jika memang diperlukan. Adapun sumber-sumber external financing ini antara lain:

1. Equity Financing

Sumber external financing yang pertama disebut pembiayaan ekuitas atau equity financing. Merupakan proses pencarian dana dengan menjual saham perusahaan kepada pihak luar.

Biasanya untuk memenuhi kebutuhan dana dalam skala besar, sebagai gantinya pemilik dana memperoleh hak sebagai salah satu pemilik perusahaan.

2. Modal Ventura

Modal ventura juga diketahui menjadi salah satu sumber dari external financing yang bermanfaat untuk perusahaan.

Modal ventura merupakan modal awal yang diberikan oleh perusahaan swasta maupun lembaga keuangan. Sehingga masuk ke dalam kategori dana eksternal untuk keperluan pendirian perusahaan.

3. Investasi

Perusahaan yang membutuhkan dana untuk suatu keperluan dan jumlahnya besar bisa membuka investasi. Sehingga oleh individu maupun perusahaan lain bisa menanamkan sejumlah dana ke perusahaan tadi.

Dana ini akan dipergunakan untuk pelaksanaan suatu proyek, jika selesai maka hasil dari proyek bisa dimanfaatkan bersama.

4. Bank

Jika membutuhkan sumber external financing yang mudah untuk didapatkan maka datang ke bank adalah jawabannya.

Sebab bisa mengajukan pinjaman di bank tersebut yang bisa dipergunakan untuk kepentingan perusahaan. Setiap bank menyediakan dana untuk dipinjam perusahaan.

Hanya saja untuk sumber external financing satu ini perusahaan memiliki kewajiban untuk melakukan pengembalian dengan sistem dicicil. Namun, jika dilihat dari mudah tidaknya memang sumber satu ini tergolong sumber dana paling mudah.

Dana eksternal diperlukan perusahaan untuk berbagai tujuan, biasanya untuk kegiatan atau proyek dengan kebutuhan dana besar. Silahkan mempertimbangkan sekian sumber external financing di atas, sehingga tujuan perusahaan bisa dicapai dengan lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp
Call Now