Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Penyebab Berat Badan Naik Saat Berpuasa

Berpuasa sejatinya memiliki moment untuk terjadi penurunan berat badan. Sebab ketika berpuasa, maka tubuh akan merombak kadar lemak untuk diubah menjadi energi yang dibutuhkan. Sehingga tidak jarang pula moment puasa ini dijadikan sebagai ajang orang-orang untuk diet.

Namun disisi lain, tidak sedikit pula orang yang merasakan kenaikan berat badan saat berpuasa. Mengapa hal itu bisa terjadi? Mari kita kenali beberapa penyebabnya berikut ini.

Penyebab Berat Badan Naik Saat Berpuasa

4 Penyebab Kenaikan Berat Badan Saat Berpuasa

Berat badan naik tentunya menjadi hal yang serius, sebab akan ada banyak resiko yang dihadapi nantinya. Kenaikan berat badan pada dasarnya dapat terjadi kapan saja dan termasuk ketika berpuasa. Lalu apa yang menjadi penyebab berat badan naik saat berpuasa? Berikut penjelasannya.

1. Tidur Ketika Baru Saja Usai Sahur

Penyebab pertama yang membuat berat badan naik ketika berpuasa adalah tidur ketika baru saja usai sahur. Pada saat menjalankan ibadah puasa maka akan cenderung mengalami kantuk. Hal itu lantaran karena pola tidur yang tidak terjaga.

Ketika memang merasakan kantuk, maka sebaiknya tidak tidur ketika baru saja usai sahur. Pasalnya tubuh membutuhkan waktu lebih kurang 2 jam dari sahur untuk mencerna makanan yang masuk. Sehingga tidak heran jika langsung tidur, maka berat badan pun akan naik.

2. Banyak Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Lemak

Penyebab kedua adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak. Pada dasarnya lemak juga dibutuhkan oleh tubuh dalam menjalankan metabolisme.

Selain itu, lemak juga dapat menjadi cadangan energi di dalam tubuh. Namun ketika terlalu banyak mengonsumsi lemak, maka hal itu akan membuat tubuh menjadi lebih berat. Sebab timbunan lemak dapat membuat tubuh menjadi lebih gemuk.

3. Tidak Melakukan Aktivitas Fisik

Penyebab ketiga yang mempengaruhi kenaikan berat badan saat berpuasa adalah tidak melakukan aktivitas fisik. Pada saat berpuasa, maka memang ada kecenderungan diri untuk bermalas-malasan.

Namun waspadalah, sebab hal itu akan membuat berat tubuh menjadi naik. Oleh sebab itu, lakukanlah aktivitas fisik yang sesuai dengan kemampuan. Aktivitas fisik membuat tubuh lebih mudah dalam merombak tumpukan lemak menjadi energi yang bermanfaat.

4. Berlebihan Saat Berbuka

Penyebab keempat adalah berlebihan saat berbuka. Sudah menjadi rahasia bersama bahwa ketika berbuka, maka akan ada banyak jenis makanan yang ingin dikonsumsi. Namun waspadalah sebab jika terlalu banyak mengonsumsi makanan saat berbuka dapat membuat berat badan menjadi naik.

Tidak ingin berat badan naik selama melaksanakan ibadah puasa di tahun ini? Maka hindarilah beberapa penyebab yang telah dijelaskan tadi. Selain itu, jangan lupa untuk memanfaatkan waktu berpuasa dalam meningkatkan amal ibadah. Semakin banyak amal yang dilakukan, maka akan semakin banyak bekal untuk hari kemudian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya