Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Perbedaan Mendetail Antara Introvert dengan Ekstrovert

Jika ingin mendapatkan penilaian yang tepat pada seseorang maka tidak hanya mengetahui tampilan fisiknya saja. Akan tetapi juga menilai dari aspek kepribadian orang tersebut, sehingga penilaian Anda tidak keliru.

Berbicara mengenai kepribadian, maka secara umum setiap orang memiliki dua karakter berbeda. Pertama introvert dan yang kedua adalah ekstrovert.

Perbedaan Mendetail Antara Introvert dengan Ekstrovert

Perbedaan Introvert VS Ekstrovert

Berikut adalah detail perbedaan antara kepribadian ekstrovert dengan introvert secara umum:

  • Seorang ekstrovert akan lebih suka menghabiskan waktu luang dengan keluar bersama teman-temannya, atau akrab disebut dengan istilah hangout. Sedangkan untuk orang introvert memilih untuk berdiam di rumah dan menikmati me time.
  • Seorang ekstrovert akan lebih suka mengobrol dengan banyak orang, sementara orang introvert lebih suka mengobrol secara personal misalnya hanya empat mata.
  • Orang ekstrovert memiliki banyak teman karena memang mudah bergaul dengan banyak orang, hanya saja ikatannya tidak terlalu kuat. Sebaliknya, orang introvert memiliki jumlah teman terbatas namun memiliki ikatan kuat dan kedekatan yang dalam.
  • Orang dengan kepribadian ekstrovert lebih suka bicara dan mengeluarkan apa yang ada di dalam pikiran, sementara orang introvert lebih nyaman menjadi pendengar.
  • Perubahan di sekitar lebih mudah diterima oleh orang dengan kepribadian ekstrovert, namun akan sebaliknya bagi pemilik kepribadian introvert.
  • Seorang ekstrovert lebih menyukai perhatian dan akan senang jika menjadi pusat perhatian. Sementara seorang introvert justru membenci atau tidak suka jika menjadi pusat perhatian.
  • Dalam mengambil keputusan seseorang dengan kepribadian introvert memiliki banyak pertimbangan, sedangkan ekstrovert cenderung lebih mudah dan cepat untuk mengambil keputusan.
  • Pemilik kepribadian ekstrovert bisa bekerja maksimal di luar ruangan atau di lapangan, sementara introvert cenderung kebalikannya. Yakni lebih bisa bekerja maksimal di dalam ruangan tanpa terlibat interaksi dengan banyak orang.
  • Dalam rapat seorang ekstrovert akan lebih mudah untuk ikut mengeluarkan pendapatnya. Sebaliknya dengan orang introvert yang cenderung lebih nyaman menjadi pendengar di tengah rapat.
  • Seorang ekstrovert memiliki kepribadian lebih terbuka sehingga bisa bercerita banyak hal kepada siapa saja, termasuk hal-hal pribadi. Sementara orang dengan karakter introvert cenderung lebih pendiam, dan biasanya butuh orang yang memang benar-benar bisa dipercaya olehnya untuk bercerita banyak hal termasuk urusan dan masalah pribadi.

Baik kepribadian introvert maupun ekstrovert memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Misalnya saja dari karakter dalam bersosialisasi, orang ekstrovert memang cenderung lebih mudah berbaur. Sehingga lingkaran pertemanannya luas, dan kebalikannya dengan seorang introvert. Hanya saja dengan pertemanan yang luas ini kadang seorang ekstrovert memiliki masalah lebih kompleks.

Jika membaca penjelasan di atas, kira-kira Anda sendiri masuk ke dalam karakter yang mana? Baik introvert maupun ekstrovert memiliki jalan untuk bersosialisasi dan sukses dalam berkarir maupun berbisnis. Namun, akan lebih baik jika menyeimbangkan keduanya. Yakni paham kapan harus bicara dan kapan harus menjadi pendengar saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp
Call Now