Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Perbedaan Webinar dan Meeting Online

Dewasa ini webinar dan meeting online merupakan dua istilah yang cukup ramai digaungkan. Hal ini terjadi lantaran adanya peningkatan penyelenggaraan dua kegiatan tersebut.

Baik webinar maupun meeting online merupakan dua kegiatan yang dijalankan secara online melalui aplikasi tertentu, bisa berupa panggilan video atau via chatting group.

Namun tahukah Anda bahwa webinar dan meeting online itu tidak sama. Keduanya memiliki beberapa perbedaan sebagaimana yang akan dijelaskan di bawah ini.

Perbedaan Webinar dan Meeting Online

4 Hal yang Membedakan Webinar dan Meeting Online

Sebagaimana kita saksikan saat ini bahwa adanya pandemi covid-19 telah membuat manusia untuk beradaptasi dalam menjalani hidupnya.

Di antara bentuk adaptasi itu adalah kegiatan untuk melaksanakan webinar dan meeting online.

Bagi Anda yang belum tahu, berikut ini akan diinformasikan beberapa perbedaan antara webinar dan meeting online.

1. Perbedaan Definisi

Hal pertama yang menjadi perbedaan di antara keduanya adalah definisi. Webinar merupakan kegiatan seminar yang diselenggarakan melalui sebuah website atau secara online.

Sementara Meeting Online merupakan kegiatan untuk berdiskusi atau melakukan aktivitas rapat (meeting) yang dilakukan secara online.

2. Tujuan Kegiatan

Perbedaan berikutnya dapat dilihat dari sisi tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut. Umumnya webinar dilakukan dengan tujuan untuk sharing ilmu pengetahuan, sehingga melalui kegiatan itu ada nilai edukasi yang ingin disampaikan.

Kemudian, meeting online memiliki tujuan untuk membahas suatu persoalan (berdiskusi), sehingga menemukan solusi sebagaimana rapat (meeting) yang dilakukan secara offline.

3. Keanggotaan Kegiatan

Hal yang membedakan antara webinar dan meeting online selanjutnya adalah keanggotaan dari kegiatan itu sendiri.

Sebagaimana dijelaskan tadi bahwa webinar merupakan kegiatan seminar online, maka sudah pasti di dalamnya terdapat anggota sebagai pemateri dan anggota sebagai peserta.

Sementara dalam meetig online tidak ditemukan keanggotaan yang demikian. Biasanya dalam rapat hanya ada pemimpin rapat dan para peserta rapat.

4. Kapasitas Penyelenggaraan

Perbedaan keempat dapat dilihat dari sisi kapasitas penyelenggaraan dari masing-masing kegiatan tersebut.

Webinar biasanya diselenggarakan oleh suatu lembaga dan dibuka untuk umum maupun khusus sebagai peserta dari kegiatan seminar online tersebut.

Lembaganya dapat berupa sekolah, perguruan tinggi, maupun lembaga lainnya. Sementara meeting online dilakukan oleh suatu organisasi dan biasanya hanya diikuti oleh anggota dari organisasi itu sendiri. Sebab pembahasan dalam meeting online cenderung bersifat internal.

Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa webinar dan meeting online memiliki 4 perbedaan, yaitu definisi, tujuan pelaksanaan, keanggotaan, dan kapasitas dari penyelenggaraannya.

Baik webinar maupun meeting online kini cukup banyak dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir penyebaran virus covid-19.

Selain itu, upaya ini juga dapat melatih kita untuk terbiasa melakukannya secara online sebagai bentuk pemanfaatan kemajuan teknologi digital dan internet.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya