Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Perlukah Perencanaan Bisnis bagi Pengusaha Pemula

Perencanaan bisnis adalah pernyataan tertulis yang dapat menggambarkan bisnis, produk atau layanan anda di masa depan. Rencana bisnis ini biasa dibuat oleh pebisnis pada proses awal bisnis dimulai.

Atau bisa juga dibuat ketika bisnis sudah berjalan, hal ini memiliki tujuan untuk mengubah arah strategi dari bisnis tersebut. Jadi singkatnya pengertian perencanaan bisnis yaitu untuk merangkum tujuan operasional dalam berbisnis.

Perlukah Perencanaan Bisnis bagi Pengusaha Pemula

Perencanaan Bisnis

Dengan adanya perencanaan bisnis ini dapat membantu pengusaha untuk menganalisa kelemahan konsep, kesalahan persepsi pasar, dan juga hal-hal spesifik lainnya yang dapat menyebabkan tujuan bisnis tidak tercapai.

Selain itu perencanaan bisnis juga memberikan manfaat, diantaranya yaitu memberikan informasi yang dibutuhkan sebanyak mungkin kepada pemilik bisnis atau pimpinan untuk mencapai tujuan tersebut.

Bagi pengusaha pemula rencana bisnis biasa dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

1. Konsep bisnis

Pada bagian ini terdiri dari struktur bisnis, produk atau servis dan perencanaan yang membuat bisnis anda menjadi sukses.

2. Bagian pasar

Bagian ini menggambarkan dan menganalisa tentang pelanggan potensial. Anda harus menganalisa siapa, dimana dan juga apa saja yang membuat pelanggan anda menjadi membeli. Anda juga harus menggambarkan kompetitor serta bagaimana cara untuk mengalahkannya.

3. Strategi pemasaran

Melakukan strategi pemasaran merupakan salah satu rencana bisnis yang sangat penting. Strategi pemasaran yang akan dijalankan haruslah merupakan hasil analisa pasar yang telah dilakukan dengan cermat.

Analisa pasar adalah kekuatan yang harus digunakan untuk menciptakan target pembeli. Dalam menuliskan strategi ini, Anda membutuhkan suatu analisa yang tepat sehingga dapat memanfaatkan kesempatan yang ada

4. Bagian desain pengembangan

Rencana desain dan pengembangan diperlukan untuk menunjukkan tahap perencanaan produk, grafik pengembangan dalam konteks produksi dan penjualan.

Selain berguna untuk mengetahui rencana usaha kedepan, desain pengembangan juga akan mempengaruhi perencanaan pembiayaan usaha

5. Rencana operasional

Pada bagian ini rencana operasional dan manajemen dibuat untuk menjelaskan bagaimana usaha akan berjalan dan berkelanjutan.

Rencana operasional akan berfokus pada kebutuhan logistik perusahaan, misalnya bermacam tugas dan tanggung jawab tim manajemen, bagaimana prosedur penugasan antar divisi dalam perusahaan, serta kebutuhan anggaran dan pengeluaran yang berkaitan dengan operasional perusahaan.

6. Bagian keuangan

Pada bagian ini berisi tentang laporan pendapatan dan arus kas, neraca dan rasio keuangan lainnya. Bagian rencana bisnis ini biasanya memerlukan bantuan akuntan atau juga perangkat lunak spreadsheet yang baik.

Rencana bisnis juga dapat membantu pebisnis untuk mencari hal hal penting, yaitu:

  • Fasilitas atau peralatan yang diperlukan
  • Menentukan lokasi atau menentukan tempat usaha
  • Menentukan jumlah karyawan
  • Memahami kompetisi yang ada
  • Mengetahui keunggulan perusahaan dengan kompetitor
  • Yang terakhir yaitu mengetahui jumlah pendanaan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis anda

Dengan perencanaan bisnis yang matang dan juga tepat serta teliti maka akan dapat menginformasikan hal hal yang dapat membantu anda dalam perkembangan bisnis yang sedang anda jalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp
Call Now