Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Prinsip-Prinsip Ekonomi Syariah Beserta Penjelasannya

Ada beberapa jenis ekonomi yang berlaku di Indonesia salah satunya ekonomi syariah.

Ekonomi syariah adalah ekonomi yang menjunjung tinggi nilai keislaman di berbagai kegiatan atau aktivitas perekonomian yang dilakukan.

Ekonomi syariah muncul karena respon kemajuan zaman yang sangat pesat sampai nilai-nilai keislaman mulai luntur terutama dalam hal berniaga.

Prinsip-Prinsip Ekonomi Syariah Beserta Penjelasannya

Saat ini pertumbuhan ekonomi syariah muncul hampir di semua lembaga ekonomi salah satunya lembaga bank.

Bank konvensional di Indonesia turut membuka cabang bank syariah karena banyak nasabah muslim yang lebih tertarik dengan lembaga yang terdapat label syariah di dalamnya.

Sebab mereka mulai meragukan sistem yang ada pada lembaga konvensional karena tidak sesuai dengan ajaran islam.

Dalam ekonomi syariah terdapat landasan yang menjadi penopang serta mengawasi kinerja bank itu sendiri. Ada beberapa prinsip ekonomi syariah yang dikemukakan para ahli.

Jadi untuk Anda yang ingin mengenal ekonomi syariah, Anda bisa baca pembahasan lebih lanjut pada artikel ini.

Prinsip-Prinsip Dasar Ekonomi Syariah

Berikut ini ada beberapa macam prinsip dasar dari ekonomi syariah yang perlu Anda ketahui seperti:

1. Tauhid

Prinsip pertama adalah tauhid yang berparti keimanan. Prinsip ini mengacau pada segala perbuatan atau sikap yang dilagukan manusia adalah wujud dari penghambaan terhadap Allah SWT.

Begitu halnya dengan kegiatan perekonomian yang dilakukan individu, kelompok, pelaku ekonomi serta pemerintahan yang harus memegang prinsip tauhid ini dengan erat.

2. Kemaslahatan umat

Di dalam agama islam, ekonomi ditujukan untuk kemaslahatan umat. Dengan adanya ekonomi diharapkan kehidupan masyarakat di Indonesia akan menjadi makmur, aman dan sejahtera.

Tidak hanya itu, taraf hidup masyarakat juga lebih tinggi atau disebut falah.

3. Khalifah

Selain itu, prinsip dasar yang harus dipegang ekonomi syariah adalah khalifah. Prinsip ini menginginkan agar manusia menjalankan tugasnya sebagai seorang khalifah dimana harus menjaga serta melestarikan bumi.

Dapat disimpulkan bahwa ekonomi syariah memperhatikan berbagai aspek supaya tidak terjadi penyelewengan dari nilai-nilai islam.

Berbagai bentuk kecurangan ataupun penipuan akan sangat dilarang dalam ekonomi syariah ini.

4. Harta

Dalam ekonomi syariah, tentunya kita mengetahui jika harta hanya titipan bukan kepemilikan kita yang sebenarnya.

Jadi ekonomi syariah mengajarkan agar manusia mampu mengolah, menikmati dan mempertanggungjawabkan semua itu.

Ini muncul untuk merespon ekonomi konvensional yang mengatakan jika harta merupakan kepemilikan mutlak dan absolut untuk individu sendiri dan itu sangat bertolak belakang dengan apa yang diajarkan dalam agama islam.

5. Adil

Di dalam ekonomi islam atau syariah,sangat ditekankan agar manusia memiliki sikap adil karena ini menjadi kewajiban di setiap aktivitas.

Karena keadilan disini dapat diartikan sebagai perilaku yang harus bisa menempatkan diri di tempat yang sesuai.

Prinsip ekonomi syariah satu ini menekankan bahwa semua masyarakat harus dilayani dengan baik tanpa memandang status sosial mereka.

Keadilan dalam ekonomi islam atau syariah bertujuan agar semua golongan mendapatkan rasa nyaman dan kesamaan di antara satu dengan yang lain.

Masih banyak lagi prinsip-prinsip dasar dalam ekonomi syariah yang perlu diketahui. Prinsip ini dibuat berdasarkan kajian islam yang sudah dilaksanakan dan sifatnya universal.

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya