Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Ramadhan Segera Tiba, Bagaimana Cara Menyambutnya?

Jika melihat perkembangan saat ini, maka tidak lama lagi umat muslim seluruh dunia akan kedatangan tamu spesial, yaitu Ramadhan. Bulan satu ini memang menjadi salah satu bulan yang diagungkan, sebab di dalamnya begitu banyak keberkahan yang dapat diambil. Biasanya setiap orang memiliki cara tersendiri dalam menyambut bulan ramadhan. Lantas bagaimana cara yang baik untuk menyambut kedatangan bulan penuh berkah ini? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Ramadhan Segera Tiba, Bagaimana Cara Menyambutnya

4 Hal yang Dapat Dilakukan untuk Menyambut Bulan Ramadhan

Kedatangan bulan ramadhan memang banyak dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim. Pasalnya bulan ini memang memiliki momen yang begitu berharga. Mulai dari moment untuk melaksanakan ibadah, hingga meningkatkan kepekaan dalam hubungan sosial. Bagi Anda yang bingung untuk menyambut kedatangan bulan suci ini, coba lakukan beberapa hal berikut.

1. Melunaskan Hutang Puasa di Tahun Sebelumnya

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk menyambut bulan suci ramadhan adalah melunaskan hutang puasa di tahun sebelumnya. Jika memang pada periode puasa di tahun yang lalu terdapat puasa yang ditinggalkan (baik sengaja maupun tidak sengaja), maka segeralah ganti ibadah puasa tersebut. Sebab jika belum diganti makan hutang puasa akan berlipat ganda nantinya.

2. Melakukan Tobat dengan Sebenar-Benarnya

Hal kedua yang juga cukup penting untuk dilakukan adalah melakukan tobat dengan sebenar-benarnya kepada Allah SWT. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penyucian diri dari segala dosa yang pernah diperbuat. Harapannya ketika bulan puasa tiba nanti maka moment itu dapat di manfaatkan untuk mengoptimalkan diri dalam beribadah. Sehingga ketika ramadhan usai, ada perubahan yang lebih baik yang dapat dirasakan.

3. Berencana untuk Menikmati Buka Puasa Pertama Bersama Keluarga

Hal lain yang juga dapat dilakukan untuk menyambut ramadhan tahun ini adalah berencana untuk melakukan buka puasa di hari pertama bersama keluarga. Biasanya buka puasa hari pertama akan menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga. Bahkan di sebagian daerah, buka puasa pertama dilakukan secara beramai-ramai di masjid. Tentunya hal ini merupakan salah satu bentuk rasa syukur dan juga mempererat tali persaudaraan.

4. Menargetkan Ibadah yang Akan Dilakukan

Hal keempat yang juga bermanfaat dalam menyambut kehadiran bulan ramadhan adalah menargetkan ibadah yang akan dilakukan. Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan amal ibadah akan dibalas berlipat ganda. Biasanya pada bulan ini akan dimanfaatkan oleh orang-orang guna memperbanyak amal. Oleh sebab itu, buatlah target pencapaian ibadah yang ingin dilakukan pada bulan tersebut.

Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menyambut bulan ramadhan tahun ini. Tentunya ramadhan merupakan moment spesial yang akan sangat sayang dilewatkan bahkan disia-siakan begitu saja. Optimalkan Lah bulan ramadhan sebagai langkah untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *