Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Risiko Sistem Pay Later yang Perlu di Pahami

Perkembangan teknologi memang membuat segalanya jadi lebih mudah. Apalagi platform transportasi dan belanja online yang berbasis aplikasi saat ini semakin memudahkan aktivitas masyarakat. Metode pembayaran pun kian beragam baik dalam bentuk uang fisik maupun virtual. Dan salah satu metode pembayaran yang digemari masyarakat saat ini adalah pembayaran paylater.

Jika Anda sudah pernah menggunakan kartu kredit, maka pay later ini cara kerjanya sama saja. Dimana pihak aplikasi nanti akan menalangi dulu tagihan para penggunanya. Sama seperti namanya,pengguna harus membayar tagihan dalam waktu yang sudah ditentukan pihak aplikasi.

Meski dalam penggunaanya terlihat nyaman dan mudah, tetap saja pay later ini memiliki beberapa risiko. Jadi sebaiknya ketahui dulu risiko sistem pembayaran pay later sebelum menggunakannya.

Risiko Sistem Pay Later yang Perlu di Pahami

Risiko Pembayaran Sistem Pay Later Buat Penggunanya

Dengan adanya sistem pay later, beberapa orang memang dimudahkan dalam membeli barang apa saja yang ia mau karena tagihan akan dibayarkan atau ditalangi oleh perusahaan pay later. Hanya saja, risiko pembayaran dengan metode pay later ini juga sebaiknya harus Anda ketahui supaya bisa meminimalisir penggunaan pay later ini.

1. Konsumsi jadi berlebihan

Sistem pembayaran yang kian mudah tentunya memberikan dampak buruk bagi penggunanya misalnya tidak berpikir panjang dalam membeli suatu barang. Ini akan membuat Anda terjerumus ke dalam hidup yang konsumtif dimana barang yang dibeli bukan kebutuhan Anda.

2. Kondisi keuangan jadi terganggu

Dengan adanya sistem pay later ini, tentunya Anda berhutang dalam tenggang waktu tertentu. Dan ini tentu akan berpengaruh pada kondisi keuangan Anda. Jika Anda tidak bisa mengatur penggunaan pay later ini dengan baik, bisa-bisa uang Anda akan habis untuk membayar hutang saja nanti.

3. Ada biaya tidak terduga

Beberapa platform transportasi atau belanja online biasanya memberikan biaya langganan untuk fitur pay later ini. Tentunya, para generasi milenial lebih suka dengan segala kemudahan sehingga tidak fokus dan memperhatikan dengan baik biaya langganan dari fitur tersebut. Ini tentu akan memberatkan jika tagihan datang suatu saat nanti.

4. Pencurian data diri

Bertransaksi lewat digital memang tidak akan terhindarkan dari adanya biaya peretasan. Jadi bukan tidak mungkin apabila data-data yang Anda miliki mudah dicuri oleh oknum tidak bertanggungjawab.

5. Berpengaruh terhadap BI Checking

Dan terakhir, jika Anda saat ini menggunakan pay later dan ternyata terlambat membayar tagihan tersebut, tentu hal ini akan mempengaruhi data BI checking Anda dan menimbulkan dampak lebih besar nanti.

Jadi, sebagai masyarakat yang cerdas sebaiknya Anda harus mengantisipasi segala hal yang akan terjadi. Salah satunya terlambat membayar tagihan pay later ini. Jika Anda memang berniat menggunakannya, usahakan pula untuk membayar tagihan tersebut tepat pada waktunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya