Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Syarat Terima Dana Prakerja saat Pandemi Corona

Adanya pandemi corona yang belum menunjukkan kapan akan berakhir pastinya memberikan dampak di berbagai aspek. Salah satunya adalah banyaknya masyarakat yang terkena tekanan ekonomi. Dalam hal ini, pemerintah memberikan beberapa bantuan untuk tetap mensejahterakan masyarakat di tengah pandemi corona mulai dari penambahan jumlah peserta PKH, Kartu Sembako, serta Kartu Prakerja yang belum lama diluncurkan.

Peluncuran Kartu Prakerja ini memang terbilang dipercepat karena diharapkan bisa membantu masyarakat yang dihimbau untuk tetap tinggal di rumah guna memutus rantai penyebaran virus corona. Apa saja syarat untuk bisa menerima dana Prakerja dari pemerintah selama Corona?

Syarat Terima Dana Prakerja saat Pandemi Corona

Syarat Menerima dana Prakerja saat Wabah Corona

Perlu diketahui, tujuan adanya Kartu Prakerja awalnya untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan serta keterampilan. Namun, dengan adanya pandemi corona di Indonesia, Kartu Prakerja juga difungsikan sebagai instrumen bantuan sosial. Meski demikian, tentu tidak semua orang bisa menerima dana Kartu Prakerja. Ada beberapa syarat dan prosedur yang harus dilalui untuk menjadi peserta Kartu Prakerja.

Calon peserta penerima dana Kartu Prakerja bisa melakukan pendaftaran diri melalui laman resmi www.prakerja.go.id. Sedangkan syarat untuk menjadi peserta Kartu Prakerja adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Telah berusia minimal 18 tahun
  • Sedang tidak mengikuti pendidikan formal

Persyaratannya sangat sederhana bukan? Namun demikian, ada beberapa prosedur atau tahapan yang harus dilalui untuk bisa diterima sebagai peserta Kartu Prakerja.

Calon peserta harus mendaftarkan diri akun melalui laman resmi www.prakerja.go.id.

Selanjutnya, calon peserta melakukan verifikasi KTP serta melengkapi sejumlah data diri pada formulir yang telah disediakan secara online.
Calon peserta melakukan swafoto disertai KTP dan melakukan verifikasi telepon untuk bisa menuju ke tahap survei.

Calon peserta hanya perlu menunggu evaluasi untuk mengetahui apakah ada notifikasi yang menyatakan diterima atau gugur sebagai peserta.
Peserta yang telah diterima akan diberikan pelatihan yang diinginkan di berbagai toko seperti Ruangguru, Tokopedia, ataupun platform belajar online lainnya karena sedang pandemi corona.

Belum lama ini pemerintah menambahkan anggaran Program Kartu Prakerja berkaitan dengan adanya pandemi corona. Masing-masing peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan Rp 3.550.000 selama menjalani program yang bisa digunakan untuk biaya pelatihan hingga membeli sejumlah kebutuhan pokok. Dana tersebut tidak diberikan sekaligus melainkan dengan cara bertahap dari sebelum hingga pelatihan usai dilakukan.

Meskipun program Kartu Prakerja ini juga berfungsi sebagai instrumen bantuan sosial terutama saat wabah corona seperti saat ini, para peserta yang telah mendaftar dan diterima hendaknya bisa memanfaatkan dana sebaik mungkin. Peserta sebaiknya segera memilih ataupun membeli program pelatihan yang diinginkan karena voucher yang diberikan hanya berlaku selama satu bulan. Jadi ketika dalam waktu 30 hari setelah ditetapkan sebagai penerima dana Program Kartu Pekerja dan belum memilih program pelatihan maka kartu akan hangus dan tak bisa dilanjutkan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp ( Free Konsultasi )
Call Now