Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Tak Mau Usaha Server Pulsa Gulung Tikar?

Ingin memulai bisnis server pulsa Anda sendiri tapi khawatir dengan berita banyaknya pengusaha yang gulung tikar dan harus menutup usahanya? Kekhawatiran ini sangatlah beralasan. Meskipun Anda sendiri juga menyadiri pulsa dewasa ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi mereka yang memiliki handphone. Belum lagi dengan adanya program pemerintah yang menggalakan penggunaan listrik prabayar. Masyarakat harus mengisi token pulsa untuk mendapatkan pasokan listrik.

Tak Mau Usaha Server Pulsa Bangkrut

Melihat peluang bisnis pulsa yang begitu besar, bagaimana bisa sebuah server mengalami kebangkrutan? Pertanyaan ini mungkin muncul di benak Anda. Maka dari itu, sangat penting untuk mengenali faktor penyebab seorang pengusaha server tidak mampu mempertahankan bisnisnya, di antaranya:

• Keuangan pribadi dan perusahaan tercampur
Bisnis server pulsa sangat menggiurkan. Keuntungannya bisa sangat besar dan sangat menggiurkan, bahkan bagi pengusaha itu sendiri. Jadi, bukannya masuk ke kantong perusahaan atau kas usaha, keuntungan yang diperoleh justru diambil untuk keperluan sendiri. Bahkan pengelolaannya juga dicampur dengan keuangan rumah tangga.

• Tidak adanya pembukuan yang jelas
Dana pribadi dan usaha yang tercampur biasanya dimulai dari pembukuan yang kurang terorganisir. Tidak ada catatan pasti seberapa keuntungan yang diperoleh dan bisnis dijalankan begitu saja tanpa acuan.

• Kurang menguasai program server yang digunakan
Pengusaha server biasanya mempekerjakan karyawan. Sayangnya, tidak semua menyiapkan kecakapan kemampuan mengoperasikan program. Karyawan tidak mendapatkan pelatihan sebagaimana mestinya, sehingga sering emrasa kebingungan setiap kali menemui suatu kendala.

• Tidak ada inovasi dalam bisnis
Persaingan dunia bisnis adalah sesuatu yang mustahil untuk dihindari. Dibutuhkan inovasi-inovasi untuk tetap berada di jalur dan memenangkan kompetisi. Masyarakat juga semakin jeli, agen atau distributor pulsa mana yang bisa dipercaya dan memberikan layanan lebih kepada mereka.

• Salah langkah dan bersaing tidak sehat
Kelahiran inovasi sangat dibutuhkan agar bisnis tetap bertahan. Akan tetapi, bukan berarti seorang pengusaha diperbolehkan menghalalkan berbagai macam cara. Salah satunya dengan menurunkan harga jauh dari pasaran atau memberikan potongan harga besar-besaran. Hal ini justru membuat perusahaan terus merugi hingga tidak lagi sanggup bertahan.

• Memberikan kepercayaan pada orang yang salah
Karena takut akan kehilangan konsumen, banyak pengusahas server pulsa yang memberikan kelonggaran pada mitranya dengan memberikan piutang. Lama kelamaan jumlahnya menumpuk dan ternyata pemasukan yang diharapkan tidak kunjung diterima.

• Delegasi tugas dan wewenang yang kurang tepat
Kekacauan dalam manajemen perusahaan bisa juga disebabkan oleh ketidakharmonisan hubungan antara boss dan bawahan. Boss menuntut agar karyawannya bekerja dengan semaksimal mungkin tanpa memperhatikan kesejahteraannya. Di lain sisi, karyawan juga sangat bergantung pada boss. Jika boss tidak ada di tempat, maka mereka tidak menjalankan tugas. Secara tidak langsung semua dijalankan oleh boss itu sendiri.

Jadi, sudah siapkah Anda memulai bisnis server pulsa sendiri? Pastikan untuk menggunakan program resmi dari pengembang terpercaya. Hal ini sangat penting untuk mendukung performa bisnis Anda ke depan nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *