Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Takjil Sehat yang Cocok untuk Menu Buka Puasa

Takjil merupakan salah satu hidangan pembuka ketika berbuka puasa yang cukup dirindukan kehadirannya. Biasanya, takjil tersebut dinikmati sebelum menikmati sajian menu utama. Pilihan menu hidangan ini pun sangat beragam mulai dari kolak, kurma, berbagai sajian es, gorengan, dan lainnya.

Namun, tentu tak semua hidangan takjil bisa jadi pilihan sehat ketika menjalani puasa. Bila Anda salah memilih menu takjil, bisa-bisa Anda sudah kekenyangan sebelum menyantap menu utama. Atau, bisa jadi setelah puasa maka tingkat asam urat, gula darah, ataupun kolesterol meningkat sehingga kesehatan pun jadi terganggu. Inilah mengapa pastikan untuk selektif juga dalam memilih takjil saat berbuka puasa.

Takjil Sehat yang Cocok untuk Menu Buka Puasa

Pilihan Takjil Sehat saat Berbuka Puasa

Ada berbagai menu buka puasa yang bisa jadi pilihan mulai dari sajian menu takjil, menu utama, hingga sejumlah camilan. Namun, pastikan untuk memilih menu makanan yang sehat sehingga kesehatan tubuh pun tetap terjaga selama menjalankan ibadah puasa dan setelahnya. Berikut ini beberapa pilihan takjil sehat yang bisa Anda masukkan dalam menu buka puasa.

1. Buah Kurma

Kurma bisa jadi pilihan yang sangat bagus sebagai takjil atau makanan pembuka ketika berbuka puasa. Buah ini memiliki kandungan gula alami serta kaya nutrisi seperti karbohidrat, protein, kalori, serat, dan berbagai mineral serta vitamin. Dengan mengkonsumsi tiga butir kurma ketika berbuka maka ini juga bisa membantu Anda mencegah makan berlebihan yang membuat perut terasa tidak nyaman dan pastinya kurang sehat.

2. Sop Buah

Mengkonsumsi buah-buahan segar juga bisa alternatif takjil dalam menu buka puasa. Anda bisa memilih buah apapun yang Anda sukai seperti apel, pisang, ataupun lainnya. Salah satu cara menyajikannya adalah dengan membuat sop buah. Supaya lebih menyehatkan, Anda sebaiknya menghindari penggunaan gula serta susu kental manis dalam sajian sop buah tersebut supaya konsumsi gulanya tidak berlebih.

3. Bubur Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh. Selain itu, kacang hijau juga bisa membantu menghambat oksidasi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Dengan kandungan yang sangat baik bagi tubuh, tak heran bila menyajikan bubur kacang hijau dalam menu buka puasa jadi pilihan yang cukup banyak direkomendasikan. Pastikan mengolahnya secara tepat sehingga beberapa manfaat dari kacang hijau bisa diperoleh secara optimal.

4. Kolak

Rasanya bulan puasa terasa kurang lengkap bila tak menemukan sajian kolak ketika berbuka puasa. Ya isian kolak memang bisa beragam mulai dari pisang, ubi, singkong, biji salak, pacar cina, ataupun lainnya. Salah satu yang membuat kolak terasa nikmat adalah penggunaan gula merah dan santan yang gurih. Untuk membuat sajian kolak lebih sehat, Anda bisa mengganti penggunaan santan dengan susu rendah lemak.

Itulah tiga contoh takjil sehat yang bisa Anda sajikan dalam menu buka puasa. Setelah mengkonsumsi takjil, Anda sebaiknya tidak lupa untuk minum air putih. Supaya tidak terasa kekenyangan, setelah makan takjil, Anda bisa melaksanakan ibadah sholat maghrib terlebih dahulu sebelum menyantap sajian menu utama. Ini bisa membuat perut tidak kaget dan peningkatan gula darah pun bisa lebih terkontrol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *