Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Tantangan Bagi Masyarakat Indonesia di Era New Normal

Hingga hari ini kehidupan masyarakat Indonesia memang masih bergelut dengan pandemi virus covid-19. Tentunya sedikit banyak hal itu telah memberikan dampak bagi segenap sendi kehidupan.

Jika melihat kenyataan di lapangan, maka penularan virus di sejumlah daerah telah mengalami penurunan, sehingga membuat pemerintah akan menggulirkan new normal.

Pada keadaan new normal, masyarakat diharapkan tetap mampu beraktivitas normal walau masih ada virus corona yang mengancam. Namun tentu saja, hal itu memiliki sejumlah tantangan yang harus dihadapi. Agar dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan tersebut, mari simak penjelasan berikut ini.

Tantangan Bagi Masyarakat Indonesia di Era New Normal

3 Hal yang Harus Dihadapi Ketika Memasuki New Normal

Setelah sekian lama pemerintah menyarankan agar masyarakat tetap berada di rumah dan meminimalisir kegiatan di luar, kini pemerintah akan mengizinkan kembali aktivitas masyarakat (new normal).

Sebagian pihak pun menilai bahwa langkah dalam memberlakukan kehidupan new normal ini dianggap cukup baik. Sebab masyarakat sangat ingin untuk dapat beraktivitas kembali, khususnya dalam mencari nafkah hidup.

Namun tentu saja new normal tidak dapat digulirkan di semua daerah. Berdasarkan penjelasan dari pemerintah, hanya daerah dengan risiko penularan paling rendah (R0) yang akan memberlakukan new normal ini.

Selain itu, dalam memasuki new normal nanti akan ada sejumlah tantangan yang dihadapi masyarakat, sebagaimana yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Tantangan Mematuhi Aturan Protokol Kesehatan

Tantangan pertama yang akan dihadapi adalah mematuhi aturan protokol kesehatan. Ketika new normal bukan berarti masyarakat akan bebas bergerak, namun akan ada sejumlah protokol kesehatan yang harus dipatuhi. Masyarakat diminta untuk sadar dan disiplin dalam menjalani kehidupan sembari menaati aturan protokol kesehatan.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Hal lain yang juga harus dihadapi adalah usaha masyarakat dalam menjaga daya tahan tubuh. Sebagaimana diketahui bahwa virus corona menyerang tubuh yang memiliki daya tahan rendah. Oleh karena ketika new normal masyarakat akan hidup “berdampingan” dengan covid-19, maka sudah pasti mereka harus selalu siaga dalam menjaga daya tahan tubuh.

Mengatur asupan makanan, olahraga, serta istirahat yang cukup merupakan hal bijak yang dapat dilakukan agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.

3. Menyediakan Fasilitas Kebersihan di Lingkungan Toko

Tantangan selanjutnya adalah bagi anggota masyarakat yang memiliki toko, maka mereka diminta untuk menyediakan fasilitas kebersihan berupa tempat untuk mencuci tangan.

Setiap pengunjung yang datang terlebih dahulu harus membersihkan tangannya sebelum masuk ke toko. Selain itu, jika harus melakukan antre, maka pengelola toko harus mematuhi aturan jaga jarak dengan minimal 1 meter diantar pengunjung.

Paling tidak 3 hal tadi merupakan tantangan besar bagi masyarakat dalam menghadapi new normal nanti. Tentunya kita semua berharap bahwa new normal ini dapat berjalan dengan baik dan juga mampu memberikan dampak positif bagi penanganan pandemi virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp ( Free Konsultasi )
Call Now