Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Tetap Aman Jalani Ibadah Puasa di Tengah Wabah Covid-19

Sudah banyak kasus positif Covid-19 di seluruh dunia bahkan Indonesia. Hingga kini, semua kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa pun ditiadakan. Tempat-tempat pendidikan pun dikosongkan, kegiatan keagamaan yang juga bersifat pengumpulan massa pun tidak diperbolehkan, serta Social Distancing atau Physical Distancing begitu dianjurkan. Begitu juga dengan penguatan sistem imun. Hal ini tak lain tak bukan adalah untuk mencegah perluasan dari wabah ini.

Lalu bagaimana dengan umat muslim yang nantinya akan melakukan ibadah di bulan Ramdhan? Yang mana asupan makanan dalam tubuhnya begitu berkurang. Apakah mereka tetap bisa mempertahankan sistem imun mereka?. Bagaimana dengan Ibadah Tarawih yang selalu dilakukan di masjid dengan mengumpulkan Jama’ah?

Tetap Aman Jalani Ibadah Puasa di Tengah Wabah Covid-19

Tips Aman Puasa saat Pandemi Corona

1. Makan Dengan Porsi Normal

Sering kali, kita setelah berpuasa seharian , waktu berbuka puasa menjadi rakus dengan makan yang banyak karena mungkin terlalu lapar. Padahal hal ini salah teman-teman, kalian yang biasa seperti ini stop ya mulai dari hari pertama puasa, karena hal seperti ini bisa membuat perut kita keram, bahkan bisa mengakibatkan penyakit dan gangguan geimetris dalam pencernaan kita, karena kalian memaksa perut kalian bekerja terlalu keras, setelah seharian kosong

2. Penuhi Kebutuhan Gizi Anda

Sayuran dan buah-buahan adalah makanan wajib saat puasa. Kedua mengandung vitamin serta mineral yang tubuh kita perlukan untuk meningkatkan sistem imun . Apalagi sekarang sedang musimnya wabah virus Covid-19. Mencukupi kebutuhan gizi Anda dan meningkatkan sistem imun adalah hal yang harus diutamakan.

Penuhi Kebutuhan Mineral dengan Minum Air Putih yang Banyak
Minum air putih yang banyak dapat membuat tubuh kita tercukupi asupan mineralnya selama puasa. Kekurangan air putih dapat menyebabkan kita dehidrasi. Selama puasa kita bisa menggunakan aturan 2-2-4 untuk minum air putih. 2 gelas ketika sahur, 2 gelas ketika berbuka, dan 4 gelas ketika malam hari untuk menghindari dehidrasi.

3. Ibadah di Rumah

Seperti yang telah dianjurkan pemerintah. Untuk menjauhi kerumunan, kalian bisa melakukan ibadah yang identik dibulan Ramadhan seperti Shalat Tarawih dari rumah. Bulan Ramadhan kali adalah waktu yang tepat untuk kalian mendekatkan diri ke pada Allah SWT bersama dengan keluarga dengan melakukan Ibadah Jama’ah dari rumah.

4. Olahraga Rutin dari Rumah

Meskipun asupan makanan kamu selama Ramadhan itu berkurang. Hal itu tidak bisa menjadi alasan untuk Anda tidak melakukan Olahraga. Olahraga tentunya menjadi lebih penting untuk Anda. Olahraga bisa menambah kebugaran serta kekuatan untuk tubuh Anda, sehingga Anda tetap bisa produktif seharian dan tidak lesu. Tentunya kamu tidak perlu melakukan olahraga yang berat-berat cukup olahraga yang ringan selama kurang lebih 30 menit sesudah subuh dan sebelum berbuka,minimal seminggu 3 kali. Dan tentunya dilakukan di rumah saja ya.

Sebenarnya tips menjalani ibadah puasa di tengah wabah covid-19 ini tidak ada bedanya dengan tahun – tahun sebelumnya. Hanya saja kita mendapat tambahan tugas supaya menjauhi kerumun dan tetap di rumah saja sebagai upaya mencegah perluasan virus ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *