Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Tips Jitu Bangun Usaha dan Bisnis saat Pandemi Covid 19

Adanya pandemi covid 19 nyatanya memberikan imbas yang cukup buruk terhadap perekonomian. Tak sedikit masyarakat terkena gelombang PHK yang pastinya memberikan permasalah tersendiri.

Di sisi lain, hal ini ternyata juga bisa membuka peluang usaha dan bisnis baru. Nah, bagaimana membangun usaha dan bisnis di masa sulit seperti saat ini? Simak beberapa tips jitu bangun usaha bisnis saat pandemi berikut ini.

Tips Jitu Bangun Usaha dan Bisnis saat Pandemi Covid 19

Tips yang Perlu Diperhatikan Pelaku Usaha dalam Memulai Usahanya

Bagi para pelaku usaha yang ingin memulai usaha atau bisnis terutama di tengah pandemi seperti saat ini, beberapa tips jitu berikut ini mungkin akan membantu:

1. Memperhitungkan Kekuatan yang Dimiliki

Dalam memulai sebuah usaha atau bisnis, hal terpenting yang perlu dilakukan adalah mengetahui sisi kekuatan apa saja yang dimiliki untuk usaha atau bisnis tersebut.

Anda bisa mengumpulkan semua ide yang dimiliki sehingga nantinya bisa menentukan sebuah produk atau jenis usaha seperti apa yang paling dikuasai.

2. Melakukan Tes Pasar

Sebelum benar-benar memulai usaha, langkah selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah melakukan tes pasar. Anda bisa memberikan sampel produk kepada orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, ataupun lainnya untuk mendapatkan testimoni terhdap produk tersebut apakah ukuran sudah sesuai, kemasannya apakah sudah cukup menarik, ataupun lainnya.

3. Memperhitungkan Rencana Bisnisnya

Dalam hal ini, Anda bisa memperhitungkan rencana bisnis sederhana seperti berapa omset yang ingin dicapai dalam satu bulan, berapa target penjualan satu bulan, berapa modal yang harus disiapkan, memperhitungkan biaya-biaya apa saja yang berkaitan dengan produk tersebut, dan lainnya.

4. Mengetahui Potensi Pasar

Ketika membangun sebuah usaha atau bisnis sangat penting untuk mengetahui bagaimana potensi pasar. Dalam hal ini, Anda bisa memulai pasar tersebut dari sekeliling Anda.

Anda bisa mengecek daftar kontak yang ada di ponsel untuk memilah siapa saja yang bisa menjadi target pasar untuk usaha Anda tersebut sebelum nantinya Anda bisa memperluas jangkauan pasar.

5. Buat Identitas

Buat identitas atas usaha atau produk Anda tersebut dengan sesuatu yang mudah diingat dan menarik. Jangan lupa, Anda sebaiknya melakukan survei di berbagai media sosial apakah identitas yang akan Anda gunakan tersebut sudah ada atau belum.

Identitas ini menjadi hal penting karena ini akan memudahkan calon konsumen dalam mengidentifikasi produk seperti apa yang Anda tawarkan.

6. Pemasaran

Langkah selanjutnya adalah membuat strategi pemasaran yang mana hal ini menjadi poin yang sangat penting bagi pelaku usaha atau bisnis untuk mengembangkan dan mengenalkan produk kepada calon konsumen.

7. Promosi

Ini hal penting lain yang tak boleh dilewatkan ketika ingin membangun suatu usaha atau bisnis. Melalui promosi, calon konsumen bisa mengenal dan mengetahui produk yang Anda tawarkan.

Perlu diingat, tidak semua promosi gratis. Bila promosi memang membutuhkan biaya maka Anda bisa memasukkan biaya promosi dalam rencana bisnis yang Anda buat.

8. Menentukan Model Bisnis

Ketika bisnis sudah menjangkau potensi pasar lebih luas maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menentukan model bisnis kreatif seperti apa yang tepat. Anda bisa membuka layanan reseller, dropship, ataupun lainnya.

Itulah beberapa tips jitu membangun usaha atau bisnis di masa sulit seperti saat ini. Pandemi covid 19 hendaknya tak menjadikan kita kehilangan ide-ide kreatif untuk bisa membangun usaha guna memperbaiki perekonomian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp
Call Now