Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Tips Mengatasi Dehidrasi Saat Berpuasa

Dehidrasi pada dasarnya merupakan suatu keadaan tubuh yang kehilangan cukup banyak cairan. Ada beragam faktor yang dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, mulai dari aktivitas yang berlebihan hingga konsumsi air yang kurang. Salah satu momen yang membuat orang mengeluh dehidrasi adalah ketika melaksanakan ibadah puasa di siang hari. Lalu adakah cara untuk mengatasi hal tersebut? Mari simak penjelasan lengkap berikut ini.

Tips Mengatasi Dehidrasi Saat Berpuasa

4 Tips mengatasi Dehidrasi Saat Puasa

Berpuasa di siang hari memang memungkin akan mengalami dehidrasi, terlebih dengan cuaca cukup panas. Tentunya dehidrasi memiliki risiko tidak baik bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu penting bagi setiap orang untuk mempersiapkan diri agar tidak mengalami dehidrasi ketika berpuasa. Berikut ini akan dibagikan beberapa tips mengatasi dehidrasi yang dapat dilakukan.

1. Konsumsi Air yang Cukup

Tips pertama untuk mengatasi dehidrasi adalah dengan mengkonsumsi air yang cukup. Sebagaimana diketahui bahwa tubuh kita memerlukan 2 liter air setiap harinya atau setara dengan 8 gelas. Lalu bagaimana cara mengatur konsumsi air saat puasa? Caranya minumlah sebanyak 4 gelas air saat berbuka, 2 gelas sebelum tidur dan 2 gelas saat sahur. Dengan demikian kita telah memenuhi kebutuhan air tubuh.

2. Mengkonsumsi Buahan dan Sayuran

Tips kedua untuk mencegah terjadinya dehidrasi adalah mengonsumsi buahan dan sayuran. Perlu diketahui cairan yang diperlukan oleh tubuh tidak hanya dapat berasal dari air minum saja, namun juga dapat berasal dari buahan dan sayuran. Oleh karena itu untuk mengatasi dehidrasi, ketika berbuka maupun sahur usahakan untuk mengkonsumsi buahan dan sayuran kegemaran Anda.

3. Hindari Jenis Makanan Yang Terlalu Asin di Saat Sahur

Umumnya ketik melakukan sahur orang-orang akan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang sesuai dengan seleranya. Namun sebaiknya hindarilah jenis makanan yang terlalu asin. Mengapa? Sebab kandungan garam yang berlebihan akan membuat sistem cairan di dalam tubuh terganggu. Sehingga hasilnya Anda pun akan lebih mudah haus, bahkan berpotensi mengalami dehidrasi.

4. Jika Banyak Konsumsi Protein, Maka Pastikan Banyak Minum

Pada dasarnya protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan metabolismenya. Protein sendiri dapat diperoleh dari hewan maupun tumbuhan. Apabila ketika melaksanakan sahur Anda cenderung banyak mengonsumsi protein, maka perbanyaklah pula konsumsi air. Pasalnya kadar protein yang berlebihan akan membuat tubuh menjadi cepat dehidrasi.

Semoga dengan mengamalkan beberapa tips tadi, kita semua dapat mengatasi dehidrasi saat berpuasa. Jangan lupa bagikan pula tips-tips tersebut kepada orang–orang di sekitar, sehingga kita semua dapat melaksanakan puasa dengan aman dan nyaman, serta bebas dari risiko dehidrasi. Demikianlah, semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi semuanya, khususnya bagi Anda yang mengeluhkan dehidrasi saat berpuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
WhatsApp
Call Now