Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Tips Mengembangkan Usaha Startup

Apa itu bisnis startup? Mungkin beberapa tahun belakangan ini kata startup tengah bergaung karena ada banyak orang yang mulai tertarik untuk menjalankan bisnis ini.

Startup sendiri berasal dari bahasa inggris yang artinya merujuk pada sesuatu yang tengah dirintis.

Jadi dapat dikatakan bahwa bisnis startup adalah bisnis yang tengah dirintis. Bisnis ini berhubungan dengan internet, web, teknologi atau apa saja yang berkaitan dengan ranah tersebut.

Ada beberapa ciri perusahaan yang tergolong ke dalam perusahaan startup seperti usia perusahaan yang kurang dari 3 tahun, jumlah pegawai tidak lebih dari 20 orang.

Tips Mengembangkan Usaha Startup

Bagaimana Perkembangan Perusahaan Startup di Indonesia?

Di negara lain seperti Amerika dan China, perusahaan startup banyak yang menjelma menjadi perusahaan besar atau raksasa. Sementara di Indonesia sendiri, bisnis ini juga terus berkembang meski tidak sebaik di luar negeri.

Setiap tahunnya banyak founder perusahaan startup bermunculan di Indonesia.

Terlebih lagi saat ini pengguna internet di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun yang menjadi lahan basah untuk para pengusaha yang ingin menjalankan bisnis startup.

Ada beberapa perusahaan startup Indonesia yang kini menjadi perusahaan besar seperti Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka dan beberapa perusahaan lainnya.

Tips Mengembangkan Startup

Merintis sebuah bisnis startup bukanlah perkara yang mudah meski siapa saja bisa melakukannya. Berikut ini beberapa tips mengembangkan startup yang bisa Anda coba lakukan.

1. Jalin hubungan yang baik dengan pelanggan

Ketika Anda baru saja memulai sebuah bisnis atau usaha, maka Anda bisa menjadikan para pelanggan Anda sebagai teman yang baik.

Anda harus membuat para pelanggan menjadi royal terhadap produk atau jasa yang Anda jual sehingga mereka tidak hanya membeli produk dari bisnis Anda saja tapi juga ikut memasarkannya.

Hal ini tentu akan berdampak baik terhadap startup yang saat ini tengah Anda kembangkan. Anda tidak perlu melakukan pemasaran secara besar-besaran yang akan membuang uang jauh lebih besar.

2. Tingkatkan produk atau layanan Anda

Meski Anda sudah memiliki pelanggan tetap yang royal, Anda tetap harus memikirkan bagaimana caranya supaya produk atau layanan bisnis Anda akan semakin meningkat.

Karena sebuah bisnis dapat berkembang jika mampu membuat kualitas produk yang terus meningkat sehingga omzet penjualan juga akan semakin tinggi tentunya.

Pada saat mengembangkan bisnis, Anda juga harus pastikan apakah semua sumber daya yang dibutuhkan sudah Anda miliki. Jika masih ada yang belum ada, tidak ada salahnya untuk meminta sokongan dana.

3. Memasarkan lewat online

Dan terakhir, Anda bisa mengembangkan startup dengan menggunakan pemasaran lewat online.

Dengan pangsa pasar yang jauh lebih luas tentunya akan mudah untuk mengembangkan sebuah bisnis atau usaha startup yang saat ini tengah Anda jalankan.

Pemasaran lewat online juga dinilai lebih ampuh karena pengguna internet sendiri sangat banyak dan akan terus meningkat hingga beberapa tahun yang akan datang.

Jadi tidak ada salahnya Anda melakukan pemasaran lewat online secara berkala guna mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Siapapun bisa menjalankan bisnis startup asalkan memiliki modal yang cukup.

Apalagi usaha startup sendiri sangat fleksibel jadi buat para pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran hingga ibu rumah tangga yang ingin menjalankannya pun juga bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
Download Apk