Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Tips Mudik untuk Keselamatan diri Sendiri dan Keluarga

Wabah virus corona kini semakin meluas, apalagi di Jakarta. Seperti yang kita tahu, Jakarta adalah daerah padat penduduk. Banyak perantau dari berbagai daerah di Indonesia datang ke Jakarta untuk mencarikan nafkah keluarganya yang ada di Kampung halaman. Ditengah pandemi ini, banyak orang takut untuk keluar rumah.

Hal ini mengakibatkan para perantau yang biasanya merupakan pelaku usaha UMKM menjadi sepi pelanggan, salah satu contohnya adalah pedagang kaki lima. Mereka yang awalnya ke Jakarta untuk mendapatkan uang agar bisa menafkahi keluarganya di kampung menjadi gagal karena sepi pelanggan, bahkan tidak ada. Selain takut akan wabah, hal tersebut menjadi alasan kuat untuk mereka pulang kampung dan melanjutkan hidup mereka di kampung halaman.

Apabila Anda terpaksa harus pulang kampung, pastikan Anda menjaga diri Anda untuk tetap aman dari wabah ini, supaya tidak membawa penyakit ke kampung halaman dan menularkan ke orang-orang kesayangan Anda.

Tips Mudik untuk Keselamatan diri Sendiri dan Keluarga

Tips Mudik aman Mencegah Penyebaran Covid-19

1. Memakai Masker

Masker adalah hal terpenting yang harus Anda gunakan. Meskipun penularan virus ini melalui droplet , virus ini memiliki berat yang ringan sehingga akan melayang diudara terlebih dulu, sebelum akhirnya jatuh ke orang-orang disekitarnya. Memakai masker bisa mencegah transmisi virus ini. Pastikan Anda memakai masker yang standar untuk virus ini.

2. Rajin Mencuci Tangan Dengan Sabun atau Hand Sanitizer

Tangan adalah perantara penyebaran virus yang utama. Pastikan kamu mencuci tangan dari rumah sebelum berangkat mudik dan hindari menyentuh wajah karena virus ini bisa menempel pada benda-benda disekitar Anda. Jika Anda tidak sengaja memegang benda yang ternyata terkontaminasi lalu langsung menyentuh wajah, dikhawatirkan virus ini akan menempel di organ tubuh kita yang lain. Apabila kamu susah melakukan ini diperjalan mudikmu, kamu bisa juga memanfaatkan Hand Sanitizer. Namun jangan sembarangan menyentuh muka ya.

3. Cek Kesehatan

Setelah dan sebelum tiba di tempat tujuan, jangan lupa untuk melakukan cek kesehatan, hal ini sangat penting untuk Anda jika ingin keluarga Anda baik-baik saja. Meskipun sudah cek sebelum sampai tempat tujuan, jangan lupa juga untuk cek kesehatan setelah sampai tempat tujuan. Karena Anda sendiripun tidak tahu apakah membawa virus ini selama perjalanan.

Lakukan Karantina Mandiri

Setelah ke empat cara di atas sudah Anda lakukan, jangan lupa juga untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari, sesuai prosedur dari protokol kesehatan.

Itulah beberapa cara aman bagi Anda yang ingin mudik ke kampung halaman. Namun, apabila Anda tidak sedang terdesak, akan lebih baik jika mudik tidak dilakukan. Tetaplah jaga kebersihan dimanapun Anda berada dan sayangi keluarga Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya