Butuh bantuan? 083861272777 wikompayment@gmail.com

Tips Pakai Kuota Tanpa Bikin Kantong Bolong

Ketentuan Work from Home (WFH) dan Belajar dari Rumah (BDR) bikin penggunaan kuota membengkak? Tapi, tanpa kondisi pandemi seperti saat ini, kamu bisa saja boros paket data kalau tidak mengontrol pemakaian dengan baik, apalagi kalau menggunakan nomor paska bayar.

Tips Pakai Kuota Tanpa Bikin Kantong Bolong

Tips hemat kuota di handphone

Kuota data ibarat bahan bakar untuk bisa mengakses internet, baik menggunakan smartphone maupun laptop atau komputer. Tanpa data, kamu tidak dapat mencari informasi dan berkomunikasi online.

Tak ingin kantong bolong gara-gara boros kuota internet? Berikut tips cerdas menghemat data di handphone canggih kamu:

1. Manfaatkan Wi-Fi untuk update system

System pada smartphone biasanya akan mengupdate sendiri secara rutin. Biar tidak menguras kuota, atur agar proses ini berlangsung hanya kalau smartphone kamu terhubung jaringan Wi-Fi.

2. Atur batas penggunaan data

Pada smartphone umumnya dilengkapi fitur info penggunaan data. Jadi, kamu bisa mengetahui berapa banyak penggunaan kuota setiap harinya. Atur batasannya melalui menu Setting. Jika sudah ditentukan limit data yang boleh digunakan, kamu akan memperoleh notifikasi otomatis.

3. Atur mesin pencari agar hemat data

Jika kamu memakai Google Chrome atau Opera Mini, kamu bisa atur penggunaan data melalui menu Data Saver. Di Opera Mini bahkan memiliki pengaturan pada kualitas foto yang didownload.

Matikan sambungan data saat tidak dibutuhkan

Sambungan data yang terus aktif bahkan saat sedang tidak digunakan akan membuat kuota terkuras. Jadi, matikan saja sambungannya atau handphonenya sekalian saat sedang tidur dan beraktifitas lain yang tidak membutuhkan internet.

4. Cerdas akses aplikasi

Banyak aplikasi smartphone terutama sosial media yang membutuhkan kuota tidak sedikit. Misalnya YouTube, Facebook, Instagram dan Twitter. Semua platform tersebut sangat umum dijadikan pilihan untuk menghabiskan waktu. Tetapi, jika tidak dibatasi waktu untuk streaming video atau scrolling halaman sosial media, tahu-tahu kuota cepat habis.

5. Gunakan aplikasi lebih ringan

Kamu tidak bisa jauh dari Facebook? Di Playstore ada dua pilihan jenis aplikasi yang memiliki ukuran berbeda. Kalau memori handphone mu cukup bisa diandalkan, kamu dapat mengunduh aplikasi Facebook versi full.

Keuntungannya kamu akan menemukan fitur lengkap. Sayangnya, dibutuhkan kuota besar pula untuk mengaksesnya. Alternatifnya, pilih Facebook Lite atau aplikasi facebook versi ringan, dimana ukurannya jauh lebih kecil. Selain tidak menghabiskan banyak ruang di sistem, pengggunaan datanya juga lebih hemat.

6. Unduh Maps saat mencari info alamat

Google Maps merupakan salah satu aplikasi peta yang sering digunakan di smartphone. Saat sedang mencari petunjuk ke tujuan tertentu, sebaiknya kamu segera download hasilnya kemudian matikan aplikasi ini agar tidak menggerus kuota.

7. Gunakan aplikasi streaming yang bisa digunakan secara offline

Aplikasi streaming terkadang wajib ada bagi mereka yang sedang mendengarkan musik atau menonton film. kalau kamu punya hobi seperti ini, gunakan aplikasi yang memungkinkan untuk mengunduh file yang kamu mau untuk ditonton saat offline. Agar lebih hemat, download file musik dan video ketika handphone terhubung jaringan Wi-Fi.

8. Manfaatkan Wi-Fi gratis

Di banyak area publik sekarang sudah dipasangi fasilitas jaringan Wi-Fi. Beberapa mengharuskan pengguna untuk membayar untuk pemakaian sekian jam.

Tetapi ada juga yang menyediakan layanan ini secara gratis, misal di kafe, restaurant dan tempat pelayanan publik. Manfaatkan saja jaringan tersebut untuk mengakses browser, sosmed atau aplikasi game dan streaming.

Paket internet sekarang justru lebih penting dari pulsa elektrik. Semakin sering sambungan data diaktifkan, semakin banyak kuota yang terpakai. Artinya kamu juga harus semakin dalam merogoh kocek. Jika bisa dihemat, maka kamu dapat mengamankan isi dompet untuk kebutuhan paket data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Usaha Pulsa Untung Besar?? Download Apk WIPAY Gratis. Raih Banyak Bonusnya